Berpotensi Mendatangkan Massa, BKKBN Kalsel Ingatkan OPD KB Netral Saat Pilkada.

16 Agustus 2024 20:05 WIB
pembinaan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) serta Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) oleh BKKBN Kalsel
pembinaan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) serta Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) oleh BKKBN Kalsel ( Humas BKKBN Kalsel)

Banjarmasin, Sonora.ID - Dalam rangka memperkuat peran dan kinerja Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) serta Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), BKKBN Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan kegiatan pembinaan yang dihadiri 60 peserta, termasuk PKB, PLKB, dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana (OPD KB) HST.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Nyigit Wudi Amini dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga netralitas menjelang pelaksanaan pilkada yang akan datang.

"Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pilkada, tolong dijaga netralitasnya, mengingat teman-teman Penyuluh KB memiliki potensi luar biasa dalam menggerakan banyak orang seperti kader dan seterusnya. Jadi, harus hati-hati betul," ujar Nyigit.

Baca Juga: Angkat Persoalan Resilience Pelaku Perkawinan Anak, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel Raih Gelar Doktor dari UNAIR

Lebih lanjut, Nyigit menekankan pentingnya harmonisasi antara PKB dengan OPD KB di setiap daerah.

Meskipun secara administrasi, penyuluh KB berada di bawah perwakilan, OPD KB juga memiliki kewenangan untuk mengawasi dan mendayagunakan tenaga mereka dalam menjalankan program-program pemerintah.

Nyigit juga menyoroti pentingnya pemilihan metode yang tepat dalam pendataan keluarga untuk tahun mendatang.

Ia menyarankan agar daerah-daerah yang memungkinkan untuk menggunakan metode smartphone, mengingat efisiensinya dibanding metode manual menggunakan formulir.

Dalam pembinaan tersebut, disiplin juga menjadi topik penting yang dibahas oleh Nyigit.

Menurutnya, disiplin bukan hanya soal kehadiran yang tepat waktu, tetapi juga tentang komitmen menjalankan seluruh tugas dan menghindari tindakan yang dilarang.

PenulisFakhrurazi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm