Kepala BKKBN Ajak Mahasiswa Untar Terus Beradaptasi Hadapi Masa Depan

16 Agustus 2024 17:23 WIB
Humas Untar
Humas Untar ( )

Sonora.ID - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menegaskan pentingnya peran mahasiswa dalam mengoptimalkan bonus demografi yang tengah  dihadapi Indonesia.
 
Mahasiswa sebagai bagian dari populasi remaja memiliki  pengaruh yang sangat signifikan terhadap masa depan bangsa. 
 
“Remaja merupakan bagian terbesar dari populasi Indonesia saat ini. Dengan jumlah yang besar,  kalian memiliki pengaruh luar biasa terhadap negara. Masa depan bangsa ada di tangan kalian,”  ujar saat hadir sebagai narasumber pada sesi seminar kebangsaan pada kegiatan  Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Untar 2024, Kamis (15/8/2024) di  Tarumanagara Arena, Kampus I Untar.
 
Menurut Hasto, Indonesia kini berada pada masa kejayaan demografi. Jumlah tenaga kerja  produktif sangat tinggi, sementara jumlah balita dan lansia relatif rendah.
 
 
Kondisi ini dikenal sebagai  bonus demografi, membuka peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan  dengan menjaga kualitas sumber daya manusia (SDM) tetap memadai. 
 
“Kunci untuk memetik bonus demografi adalah kualitas SDM, khususnya generasi muda. Penting bagi mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan, sukses dalam studi, dan menghindari pergaulan  bebas yang merugikan,” tegasnya.
 
Hasto juga menyoroti tantangan besar yang dihadapi Indonesia dalam meningkatkan kualitas SDM,  terutama terkait stunting dan gizi buruk yang berdampak langsung pada kecerdasan generasi muda. 
 
Ia menyebutkan bahwa Indonesia saat ini berada di peringkat ke-130 dalam hal tingkat kecerdasan  (IQ).
 
Lebih lanjut, Hasto mengingatkan bahwa kesuksesan di dunia kerja tidak hanya bergantung pada  penguasaan hard skills yang diajarkan di kampus, tetapi juga pada soft skills yang sering kali kurang  mendapat perhatian dalam pendidikan formal. 
 
“Di kampus, 90% dari yang diajarkan adalah hard skills. Namun di dunia kerja, keberhasilan lebih  banyak ditentukan oleh penguasaan soft skills. Mahasiswa harus mampu menguasai keduanya dan  dapat beradaptasi dengan cepat,” ungkapnya. 
 
Baca Juga: Atasi Stunting, BKKBN Kalsel Gaungkan Lagi 'Kembali ke Meja Makan'

Selain itu, Hasto menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah penurunan angka  stunting.

Ia mengingatkan bahwa kebiasaan merokok sering kali menjadi pintu masuk bagi  kecanduan narkotika dan alkohol.

Hal ini berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik  generasi muda. 

“Kecanduan narkotika dan alkohol selalu dimulai dari kebiasaan merokok. Hal ini harus menjadi  perhatian agar terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius,” tambahnya. 
 
Menutup sesi paparannya, Hasto berharap mahasiswa selalu terbuka untuk mengasah keterampilan baru  yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
 
Ia menekankan bahwa kemampuan untuk terus  belajar dan beradaptasi menjadi kunci untuk menghadapi tantangan di masa depan. 
 
“Hiduplah seperti katak yang selalu mengembangkan keterampilan baru di setiap tahap  kehidupannya. Di masa depan, saya berharap kalian semua dapat menjadi pemimpin yang hebat  bagi bangsa ini,” pesannya. 
 
Baca Juga: Atasi Stunting, BKKBN Kalsel Gaungkan Lagi 'Kembali ke Meja Makan'

Senada dengan Kepala BKKBN, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U.,  ASEAN Eng. juga menyampaikan harapannya agar mahasiswa baru dapat mengembangkan diri  secara maksimal di Untar.  

Ia berharap para mahasiswa tidak hanya fokus pada pencapaian akademis, tetapi juga mampu  membentuk diri menjadi pribadi yang berkualitas, berdaya saing, dan siap berkontribusi positif di  masyarakat.
 
“Proses pendidikan di Untar harus mampu membentuk kalian menjadi individu yang tangguh dan  inovatif, serta berpedoman pada nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE). Sehingga, kalian dapat menjadi agen perubahan yang bersaing secara global dan membawa  perubahan positif bagi bangsa ini,” pungkasnya. 
 
PKKMB Untar 2024 berlangsung selama tiga hari sejak Rabu (14/8/2024), dilanjutkan dengan  Upacara Peringatan HUT ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024) di Kampus II Untar.
 
Mengangkat tema Untar untuk Indonesia dan Dunia: Inovasi Keberlanjutan “Memantik Rasa Ingin  Tahu untuk Mendorong Kreativitas”, kegiatan ini diikuti 3.000 mahasiswa baru Program Sarjana dari  8 fakultas di Untar. 
 
Selain menghadirkan Kepala BKKBN, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan  (Pangkogabwilhan) III Tentara Nasional Indonesia (TNI) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Richard Taruli  Horja Tampubolon, S.H., M.M. dan Pa Sahli Tk. III Kasad BidangKrpaIntekmil dan Siber Mayor Jenderal  TNI Dr. Agustinus Purboyo, S.I.P., M.Tr.(Han). turut memberikan pembekalan kebangsaan kepada  mahasiswa baru Untar. 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm