HUT ke-79 RI di Balai Kota Banjarmasin Diwarnai Pakaian Adat Nusantara

17 Agustus 2024 15:20 WIB
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, menyerahkan bendera merah putih kepada pembawa baki
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, menyerahkan bendera merah putih kepada pembawa baki ( Prokom Banjarmasin)

Banjarmasin, Sonora.ID - Keberagaman terlihat dalam gelaran peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Baali Kota Banjarmasin, Sabtu (17/08) pagi.

Jika biasanya terlihat seragam dengan kebaya dan jas, tahun ini para tamu undangan dari kalangan pejabat dan unsur Forkopimda setempat hadir dengan menggunakan pakaian adat.

Seperti Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, beserta pasangan menggunakan pakaian adat khas Banjar. Sekdako, Ikhsan Budiman, dan istri menggunakan pakaian adat khas Bali warna ungu.

Terlihat juga para pejabat menggunakan pakaian adat khas Dayak, Rote, Minang, Palembang dan Bugis.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ibnu memimpin jalannya prosesi upacara rutin tahunan itu yang kali ini mengangkat tema nasional "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

Tema tersebut menurutnya sudah tergambar jelas di Kota Banjarmasin yang dihuni hampir seluruh suku bangsa dari berbagai daerah di negeri ini.

Baca Juga: DPD Golkar Kalsel Serahkan 3 SK Rekomendasi untuk Bakal Calon Bupati

Ia menekankan pentingnya persatuan dalam keberagaman dalam menjaga keutuhan bangsa.

"Spirit kemerdekaan sesungguhnya bukan tentang menyeragamkan, tetapi tentang bagaimana kita bisa bersatu dalam perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika, bersatu dalam keragaman, itulah yang kita junjung tinggi," ujarnya.

Menurutnya, yang paling penting adalah setiap sudut Kota Banjarmasin adalah ruang budaya, ruang partisipasi, dan ruang kolaborasi bagi semua.

Dalam upacara pengibaran bendera merah putih, tim Paskibraka yang baru dikukuhkan pada Kamis lalu, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Selain itu, para undangan dan peserta upacara turut dihibur aubade paduan suara dari pelajar SMP Negeri 2 Banjarmasin yang menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Baca Juga: Capaian Kumulatif Pemutakhiran PK-24 di Kalsel 58%, BKKBN Kalsel Dorong Akurasi Data Keluarga

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm