Di Tengah Terik Panas, WNI di Tokyo Antusias Peringati HUT ke-79 RI

18 Agustus 2024 11:36 WIB
Di Tengah Terik Panas, WNI di Tokyo Antusias Peringati HUT ke-79 RI
Di Tengah Terik Panas, WNI di Tokyo Antusias Peringati HUT ke-79 RI ( KBRI Tokyo)

 
Sonora.ID - KBRI Tokyo menggelar rangkaian peringatan HUT ke-79 RI yang terdiri dari upacara pengibaran bendera, pengerukan tumpeng kemerdekaan, pagelaran wayang kulit, aneka lomba dan permainan, kunjungan ke Monumen Soekarno di kuil Seisho Ji, Tokyo, serta upacara penurunan bendera.
 
Acara pengibaran bendera berlangsung di halaman di Sekolah Indonesia Tokyo (SIT) serta dihadiri pejabat dan staf KBRI Tokyo, pimpinan BUMN RI di Jepang, tenaga pendidik, siswa-siswi SIT serta perwakilan kelompok masyarakat Indonesia. Suhu udara di Jepang yang cukup panas tidak menghalangi semangat petugas dan peserta upacara.
 
Kegiatan upacara juga disiarkan langsung melalui akun resmi Instagram KBRI Tokyo.
 
 
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi bertindak selaku Inspektur Upacara. Sedangkan Komandan Upacara adalah Mayor Laut (P) Marthen Roytamus
 
Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh siswa siswi SIT dan dilatih oleh Taruna Akademi TNI yang tengah melaksanakan Pendidikan di National Defense Academy Jepang.
 
"KBRI Tokyo melibatkan perwakilan kelompok masyarakat untuk ikut bergembira bersama dalam berbagai olah raga seperti futsal serta aneka lomba seperti tarik tambang dan ikut dalam upacara peringatan HUT ke-79 RI. Kami juga hadirkan pagelaran wayang kulit sebagai bentuk promosi kebudayaan Indonesia," ujar Dubes Heri yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi dan sejumlah pejabat serta staf KBRI Tokyo. 
 
"Mengingat jumlah WNI semakin meningkat menjadi lebih dari 180 ribu jiwa, saya mengajak agar silaturahmi dan persaudaraan diantara WNI terus kita pelihara bersama. KBRI senantiasa siap melayani dan melindungi segenap WNI di Jepang," tambahnya. 
 
Sementara itu, Yuliana Nur Arifin seorang pekerja pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI  di SIT berharap semua WNI yang berada di Tpkyo dapat tetap menjaga silaturahmi. "Saya berharap di momen Kemerdekaan ini, WNI yang tinggal di Jepang tetap menjaga silaturahmi meski berbeda profesi dan suku bangsa," ujar Yuliana Nur Arifin, Sabtu 17 Agustus 2024. 
 
 
Tidak hanya Yuliana, Andis Stevin dari Komunitas Bonek Jawa Timur di Jepang mengaku terharu dan bangga bisa mengikuti peringatan kemerdekaan RI bersama KBRI Tokyo dan seluruh WNI yang tinggal di Jepang. 
 
"Bangga ya bisa menghormat sang saka merah putih bersama Bapak Dubes. Momen ini bisa menambah kekompakan WNI yang tinggal dari ujung Hokkaido hingga Okinawa," tegasnya. 
 
Pagelaran wayang kulit pun ikut mewarnai rangkaian kegiatan ini dengan lakon Bimo Lahir dan dalang Sumiyanto dari Sanggar Kesenian Sumilir didukung oleh tim yang seluruhnya warga Jepang.
 
Acara dimeriahkan dengan aneka lomba yang diikuti seluruh perwakilan masyarakat termasuk anak-anak. Di antaranya lomba tarik tambang, joget balon, balap kelereng dan pesan berantai.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm