Soekarno Run, Hasto: Berlari di Atas Kaki Sendiri

18 Agustus 2024 11:55 WIB
PDI Perjuangan (PDIP) resmi menyelenggarakan Soekarno Run yang mengambil tema Berlari di Atas Kaki Sendiri, di Parkir Timur Senayan
PDI Perjuangan (PDIP) resmi menyelenggarakan Soekarno Run yang mengambil tema Berlari di Atas Kaki Sendiri, di Parkir Timur Senayan ( )

Sonora.ID - PDI Perjuangan (PDIP) resmi menyelenggarakan Soekarno Run yang mengambil tema Berlari di Atas Kaki Sendiri, di Parkir Timur Senayan, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (18/8) pukul 06.00 WIB.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjadi tokoh yang membuka Soekarno Run yang ditandai dengan diputarnya Indonesia Raya. Hasto tampak didampingi politikus PDI Perjuangan ketika membuka acara seperti Eriko Sotarduga, Krisdayanti, Wiryanti Sukamdani, dan Deddy Yevri Sitorus.

Hasto menyebut tema Soekarno Run diambil agar pemuda dan pemudi harus menggelorakan semangat kemandirian.
 
"Mengapa temanya berlari di atas kaki sendiri? Sebab, ini menunjukkan spirit, ini menunjukkan suatu kepercayaan empiris kita, ini menunjukkan suatu keyakinan kita bahwa sejatinya pemuda dan pemudi Indonesia, pandu bangsa harus menggelorakan suatu semangat yang sama untuk berdiri di kaki sendiri," kata Hasto memberikan sambutan setelah Indonesia Raya terputar, Minggu.
 
 
Diketahui, PDI Perjuangan membuat tiga kategori dalam Soekarno Run, yakni lomba untuk 17 kilometer, delapan kilometer, dan 4,5 kilometer.
 
Hasto memohon maaf dengan keterbatasan fisiknya, baru mampu berlari sejauh delapan kilometer dalam Soekarno Run.
 
"Kita lebih progresif, lari kita berlari di atas kaki sendiri. Saya pribadi minta maaf, nafasnya belum kuat lari sampai 17 kilometer. Maka saya baru delapan kilometer. Nanti saya lari delapan kilometer," ujar orang dekat Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
 
Hasto kemudian melihat seorang peserta lari yang mengenakan pakaian Gatot Kaca dan mengingatkan orang tersebut tidak terbang dalam Soekarno Run.
 
Menurutnya, biar cita-cita saja yang terbang setinggi langit seperti yang pernah diungkapkan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.
 
"Nah, yang pakai baju Gatot Kaca beri tepuk tangan meriah, tetapi jangan terbang, biar yang terbang cita-cita kita untuk kata Bung Karno gantungkan cita-citamu setinggi langit. Sekiranya kamu jatuh, kamu jatuh di antara bintang-bintang," ungkap Hasto.
 
 
"Kami mengucapkan terima kasih ke panitia dan para organisasi partai. Mari kita persiapkan napas perjuangan kita untuk bisa mencapai target yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa menuju masyarakat adil dan makmur dan menjadi pemimpin bangsa di dunia. Merdeka," tuturnya.
 
Gelaran lari tersebut bertemakan 'Berdiri, Berlari di Atas Kaki Sendiri'. Total ada sebanyak 7.900 orang ikut serta dalam gelaran Soekarno Run tersebut. Dalam gelaran tersebut, ada total hadiah Rp 300 juta yang disiapkan. Penyelenggara juga menyiapkan perlombaan, serta bazar UMKM untuk masyarakat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm