Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Telok Belanga, Pontianak Bangge

18 Agustus 2024 17:14 WIB
Wapres RI Ma'ruf Amin beserta istri mengenakan pakaian adat Melayu Pontianak, Telok Belanga dan Baju Kurung saat Upacara HUT ke-79 RI di Istana Merdeka.  (IST)
Wapres RI Ma'ruf Amin beserta istri mengenakan pakaian adat Melayu Pontianak, Telok Belanga dan Baju Kurung saat Upacara HUT ke-79 RI di Istana Merdeka. (IST) ( )

 

Pontianak, Sonora.ID - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dan istri mencuri perhatian saat menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Istana Merdeka Jakarta pada Sabtu (17/8/2024).

Wapres Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat Melayu Pontianak berupa telok belanga, sementara istrinya tampil anggun dalam baju kurung.

Pakaian adat yang dipilih oleh Ma’ruf Amin dihiasi dengan kain corak insang khas Pontianak, menambah kekayaan budaya yang ditampilkan pada acara tersebut.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat Palembang saat hadiri sidang tahunan 2024 

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, mengutarakan kebanggaan atas pengakuan yang diperoleh Pontianak pada perayaan Hari Kemerdekaan RI tahun ini.

Pasalnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengenakan pakaian khas Pontianak, yaitu telok belanga dan baju kurung, yang semakin memperkenalkan budaya lokal ke seluruh Indonesia.

Hal ini menjadi sumber kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Pontianak, yang secara rutin mengenakan pakaian tradisional tersebut dalam perayaan Hari Jadi Pontianak, acara adat, dan kegiatan budaya lainnya.

"Kita sangat bangga dan terharu melihat Bapak Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat Melayu Pontianak pada Upacara HUT ke-79 RI di Istana Merdeka Jakarta. Tentunya ini mencerminkan keragaman budaya Indonesia dan memberi penghormatan khusus pada warisan Melayu Pontianak,” ungkapnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin : Gerakan Pramuka Jadi Wadah Pencetak Generasi Unggul !

Menurutnya, pilihan busana ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kekayaan budaya nusantara, khususnya Pontianak dan Kalimantan Barat.

Hal ini juga mencerminkan komitmen pemerintah dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya daerah di kancah nasional. Ia berharap momentum ini dapat semakin mempererat persatuan bangsa dan menginspirasi generasi muda untuk terus menjaga dan mencintai warisan budaya lokal kita.

“Terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden dan Ibu atas penghargaan ini terhadap budaya Melayu Pontianak,” kata Ani Sofian.

Dengan mengenakan pakaian khas Melayu Pontianak oleh Wapres RI beserta istri saat upacara HUT Kemerdekaan RI, menjadi sebuah kebanggaan bagi warga Pontianak. 

“Ini sebagai wujud kebanggaan bagi warga terhadap kearifan lokal yang dimiliki,” jelasnya.

Sebagai informasi, Wapres Ma’ruf Amin pernah beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke Kota Pontianak.

Sebagaimana diketahui, pakaian adat Melayu Pontianak, telok belanga dan baju kurung dikenakan setiap memperingati ulang tahun Kota Pontianak, acara pernikahan, acara adat dan budaya serta momen lainnya. Pakaian ini dibalut dengan kain corak insang khas Pontianak sehingga mempunyai ciri khas tersendiri dari pakaian-pakaian adat melayu daerah lainnya, khususnya di Kalbar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm