65 Soal Pretest PembaTIK Level 2 Tahun 2024 dan Kunci Jawaban

19 Agustus 2024 11:00 WIB
65 Contoh Soal Pretest PembaTIK Level 2 Tahun 2024 dan Kunci Jawaban
65 Contoh Soal Pretest PembaTIK Level 2 Tahun 2024 dan Kunci Jawaban ( )

Sonora.ID - Simak soal pretest PembaTIK level 2 tahun 2024 berikut ini lengkap beserta kunci jawabannya.

Pembatik (Pembelajaran Berbasis TIK) merupakan program unggulan yang dikelola oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pretest Pembatik Level 2 merupakan langkah awal yang penting dalam perjalanan kamu untuk meningkatkan kompetensi dalam penggunaan TIK di bidang pendidikan.

Dengan persiapan yang matang, kamu dapat menghadapi pretest ini dengan percaya diri dan memaksimalkan hasil yang Anda peroleh.

Berikut ini Sonora.ID merangkum soal pretest PembaTIK level 2 tahun 2024:

SOAL

1.Kemampuan mengidentifikasi, mengakses, memanfaatkan dan mengoptimalkan perangkat dan teknik komunikasi untuk menerima dan menyampaikan informasi kepada pihak lain merupakan salah satu kecakapan abad 21 …

A. Berpikir kritis

B. Pemecahan masalah

C. Komunikasi

D. Kolaborasi

Kunci jawaban : C

2. Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan…

A. literasi, kecakapan pengetahuan , keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi

B. literasi, kolaborasi, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi

C. literasi, kecakapan pengetahuan, interaksi, serta penguasaan terhadap teknologi

D. literasi, kompetisi, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi

Kunci jawaban : A

3. Kualitas karakter yang tidak sesuai dengan tuntutan kecakapan Abad 21 yaitu ….

A. Iman dan taqwa

B. Cinta tanah air dan rasa ingin tahu

C. Kreatif dan kompetisi

D. Kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan

Kunci jawaban : C

4. Berikut ini salah satu kecakapan terkait dengan kolaborasi dalam pembelajaran, …

A. Bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

B. Mampu mengemukakan ide-ide kreatif secara konseptual dan praktikal.

C. Beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan yang lain*

D. Mampu beradaptasi dalam situasi baru dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan

Kunci jawaban :C

5. Yang bukan merupakan prinsip dalam membangun pembelajaran efektif abad 21 sebagai

tuntutan era industri 4.0 dan society 5.0 adalah....

A. collaboration,

B. inovation

C. creativity

D. critical thingking

Kunci jawaban : B

Baca Juga: Kunci Jawaban Pretest Pembatik Level 2 Tahun 2024: Persiapan Optimal

6. Ada beberapa alasan rasional mengenai pentingnya integrasi TIK dalam pendidikan dan pembelajaran. Salah satu rasional adalah TIK sebagai faktor katalitik yaitu...

A. Pembelajaran terintegrasi TIK bertujuan agar peserta didik memiliki keterampilan yang sesuai di masyarakat

B. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran akan mempercepat proses perubahan paradigma belajar

C. Pembelajaran terintegrasi TIK meningkatkan kemampuan guru dalam mengemas penyampaian materi ajar

D. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diharapkan dapat mengurangi biaya pendidikan dan pelatihan guru

Kunci jawaban : B

7. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran mendukung beragam teori belajar. Misalnya penggunaan aplikasi drill dan practice sesuai dengan teori belajar behavioristik karena...

A. Aplikasi drill dan practice sesuai dengan pembelajaran penalaran dan keterampilan yang kompleks

B. Aplikasi drill dan practice sesuai untuk personalisasi kecepatan belajar dan penguasaan pengetahuan

C. Aplikasi drill dan practice akan membantu pembelajaran kolaboratif sesuai tujuan belajar behavioristik

D. Aplikasi drill dan practice akan membantu peserta didik untuk memvisualisasikan konsep belajar behavioristik

Kunci jawaban : c

8. Pembelajaran abad 21 merupakan implementasi dari paradigma pembelajaran aktif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Guru sebagai fasilitator belajar melakukan integrasi TIK dalam pembelajaran berbasis proyek supaya peserta didik memiliki keterampilan kolaborasi yaitu..."

A. Mampu menyikapi ilmu secara kritis dan bermanfaat bagi kemanusiaan

B. Mampu mengatasi masalah belajar sebagai refleksi permasalahan masa depan

C. Mampu mengidentifikasi dan mengoptimalkan TIK untuk berkomunikasi

D. Mampu menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan strategi

Kunci jawaban : B

9. Pada proses pembelajaran terintegrasi TIK di kelas, salah satu ruang lingkup TIK adalah dapat membangun kompetensi pengguna. Contoh kompetensi aspek kognitif yang dikembangkan melalui pemanfaatan TIK pembelajaran adalah..."

A. Menganalisis kondisi permasalahan secara sistemik

B. Menerapkan kemampuan bekerja sama

C. Menggunakan perangkat TIK dengan terampil

D. Memiliki sikap kreatif dan inovatif

Kunci jawaban : A

10. Poin-poin berikut merupakan manfaat pendayagunaan TIK pada aspek…

- Berbagi pengetahuan adalah suatu keharusan

- Belajar mengenai how to learn melalui penggunaan TIK

- Belajar sepanjang hayat dengan pendayagunaan TIK

A. TIK sebagai keterampilan dan kompetensi

B. TIK sebagai supporting system manajemen pembelajaran

C. TIK sebagai infrastruktur pembelajaran

D. TIK sebagai sumber belajar

Kunci jawaban : B

11. Kasus : Terjadi permasalahan belajar di kelas dan Anda sebagai guru perlu melakukan analisis kebutuhan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Anda ingin meningkatkan motivasi peserta didik untuk aktif berpartisipasi dalam aktivitas belajar, dan membangun suasana kelas yang kondusif.

Maka aspek-aspek yang perlu Anda analisis untuk menemukan solusi atas permasalahan belajar adalah...

A. Evaluasi diri, teknik mengajar, dukungan manajemen

B. Pertimbangan administratif, penambahan fasilitas TIK

C. Evaluasi diri, kemampuan pedagogis, karakteristik peserta didik

D. Pertimbangan administratif, soal evaluasi pembelajaran

Kunci jawaban : C

12. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif maka lingkungan pembelajaran pun harus disiapkan agar suportif dan kondusuf. Hal-hal yang termasuk lingkungan pembelajaran fisik adalah...

A. Metode pembelajaran, media pembelajaran, RPP

B. Perangkat peraturan manajemen, motifasi belajar, evaluasi

C. Fasilitas TIK, media pembelajaran, pengaturan ruang kelas

D. Supporting system, metode pembelajaran, komunikasi.

Kunci jawaban : A

13. Contoh pendayagunaan TIK dalam rencana aktivitas pembelajaran adalah...

A. Mendiskusikan analisis kasus melalui konferensi video dan fitur chat

B. Menginventarisasi bahan ajar berbasis TIK

C. Pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah

D. Penggunaan aplikasi survei daring untuk tes kemampuan awal

Kunci jawaban : B

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm