Sonora.ID - Berikut ini contoh soal kompetensi teknis UKKJ Guru Muda Madya tahun 2024 lengkap beserta jawabannya.
Kumpulan soal kompetensi teknis Ujian Kompetensi Kenaikan Jabatan guru ini dapat dijadikan referensi.
Inilah kumpulan soal dan kunci jawaban kompetensi teknis UKKJ Guru Muda Madya tahun 2024 lengkap beserta kunci jawabannya:
1. Sebagai koordinator mata pelajaran, Anda meminta seluruh guru mata pelajaran untuk membuat rencana pembelajaran untuk tahun ajaran baru. Namun, Anda melihat ada guru senior yang melimpahkan tugas tersebut kepada guru baru. Guru baru tersebut tampak ragu untuk menolak, tetapi juga merasa kebingungan untuk memulainya. Melihat situasi tersebut apa yang akan Anda lakukan?
Pilih salah satu:
A. Bersama-sama dengan seluruh guru untuk menyepakati pembagian tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing. (L4) = 5
B. Mendorong guru senior untuk memberikan bimbingan kepada guru baru dalam menyusun rencana pembelajaran. (L2) = 2
C. Membagi tugas secara adil kepada seluruh guru mata pelajaran sesuai dengan target yang ditetapkan. (L3) = 3
D. Memberikan teguran kepada guru senior tersebut agar bersikap lebih profesional terhadap guru baru.(L2) = 1
E. Bersama-sama mengidentifikasi hambatan yang dialami seluruh guru dalam menyusun rencana kerja. (L4) = 4
Kunci Jawaban : Bersama-sama dengan seluruh guru untuk menyepakati pembagian tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing
2. Anda mendapati salah satu peserta didik sering tidur ketika pembelajaran dilaksanakan. Anda sudah menegurnya berkali-kali, tetapi ia tidak menunjukkan usaha untuk berubah.
Bahkan tak jarang ia membentak Anda ketika diberi peringatan. Hal itu tentunya menjadikan Anda sulit untuk menahan amarah.
Ternyata peserta didik tersebut juga sering tidur di pembelajaran yang lain, walaupun tidak separah ketika ada di pembelajaran Anda. Apa tindakan Anda?
Pilih salah satu:
A. Mencoba mempelajari kembali pengendalian diri untuk tetap bersikap tenang walaupun terdapat reaksi berontak dari peserta didik. (L3) = 4
B. Meminta saran kepada rekan guru lain mengenai perilaku yang seharusnya Anda lakukan dalam menangani permasalahan tersebut. (L1) = 1
C. Mencari tahu penyebab perilaku peserta didik agar dapat dijadikan bahan evaluasi untuk orang tua Ketika memberikan laporan hasil pembelajaran. (L3) = 3
D. Menghimpun pengalaman penanganan para guru tersebut untuk meningkatkan kapasitas diri dalam melakukan manajemen emosi dengan stabil. (L4) = 5
E. Meminta wali kelas terkait untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa perilaku tersebut tidak seharusnya ia lakukan kepada guru. (L2) = 2