Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 53 dan 54 Kurikulum Merdeka

20 Agustus 2024 13:33 WIB
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 53 dan 54 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 53 dan 54 Kurikulum Merdeka ( buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VIII)

Sonora.ID - Simak artikel ini untuk mengetahui kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 53 dan 54 Kurikulum Merdeka dari buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VIII.

Kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 53 dan 54 ini dapat digunakan sebagai acuan oleh siswa maupun orang tua ketika mendampingi dan memberikan petunjuk apabila anak kesulitan.

Namun agar dapat menguasai materi dengan baik, anak tetap diharapkan untuk mengerjakan tugasnya dengan kemampuan mereka sendiri terlebih dahulu.

Pada halaman ini para siswa diminta untuk mengerjakan soal uji kemampuan mengingat, menarik kesimpulan, menghitung, dan mengaplikasikan.

Tak perlu berlama-lama, berikut kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 53 dan 54 Kurikulum Merdeka.

Mengingat

1. Unit dari protein adalah:
 
a. Vitamin
b. Asam amino
c. Mineral
d. Lemak
 
Jawaban: B
 
2. ........ adalah nutrien yang tidak dapat dibuat oleh makhluk hidup
 
Jawaban: Mineral
 
Menarik Kesimpulan
 
3. Jelaskan bagaimana aktivitas fisik seseorang mempengaruhi kebutuhan kalorinya?
 
Jawaban: 

Aktivitas fisik seseorang memengaruhi kebutuhan kalorinya. Karena akan memerlukan energi untuk melakukan berbagai jenis aktivitas.

Orang yang lebih aktif secara fisik akan membutuhkan lebih banyak kalori untuk menjaga dan meningkatkan energi mereka. Sebaliknya, orang yang kurang aktif secara fisik membutuhkan kalori yang lebih sedikit.

Menghitung

4. Pada suatu hari, ibu kalian memakan 250 kalori dari protein dan mengkonsumsi total 1.800 kalori per harinya. Hitung apakah ibu kalian mengkonsumsi cukup protein pada hari itu? Berikan penjelasan!
 
Jawaban:
 

250 Kalori dari 1800 Kalori = 13.8%.

Persentase kebutuhan protein orang dewasa sekitar 10-35%.

Jadi, Ibu sudah cukup mengkonsumsi protein.

Mengaplikasikan

5. Pernahkah kalian tersedak pada saat makan? Jelaskan apa yang terjadi ketika kalian tersedak! Deskripsikan bagaimana cara agar seseorang tidak tersedak pada saat makan.
 
Jawaban:
 
Pada bagian belakang mulut manusia memiliki dua jalur. Jalur pertama mengarah ke saluran napas yang disebut tenggorokan dan berfungsi untuk mengantarkan udara ke paru-paru. Jalur kedua menuju saluran pencernaan yang disebut kerongkongan.

Saat makan, katup epiglotis akan menutup tenggorokan untuk mencegah makanan masuk ke saluran napas. Jika seseorang makan sambil berbicara, epiglotis akan terbuka dan membuat makanan masuk ke saluran napas.

Jadi, cara untuk mencegah tersedak adalah dengan menyelesaikan makan terlebih dahulu. Dengan kata lain, tidak makan sambil berbicara.

6. Gunakan tabel di bawah ini untuk menjawab pertanyaan selanjutnya!
 
(tabel perbandingan data nutrisi)
 
a. Berapa gelas susu rendah lemak yang harus diminum untuk memenuhi kebutuhan harian sebesar 100% per harinya untuk kalsium?
 
b. Berasal dari kelompok apakah makanan-makanan di atas? Sebaiknya berapa banyak kita konsumsi perhari?
 
Jawaban:

a) 3 Gelas

b) Makanan-makanan tersebut berasal dari kelompok susu dan turunannya. Setidaknya bisa mengkonsumsi 3 gelas per harinya. (1 gelas berkisar 250 ml).

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 9 Halaman 50 Kurikulum Merdeka 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm