Rakor Pengamanan Pilkada Serentak di Kaltim 2024, Sekda Kukar Harap Netralitas Aparatur Penting

21 Agustus 2024 18:27 WIB
Rakor Pengamanan Pilkada Serentak di Kaltim 2024, Sekda Kukar Harap Netralitas Aparatur Penting.
Rakor Pengamanan Pilkada Serentak di Kaltim 2024, Sekda Kukar Harap Netralitas Aparatur Penting. ( Istimewa)

Balikpapan, Sonora.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono bersama Dandim 0906 Letnan Kolonel (Letkol) Czi Damai Adi Setiawan, Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman, Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti dan Kepala Satpol PP Kukar Arfan Boma mengikuti Rapat Koordinasi Daerah Lintas Sektoral Tahun 2024 dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024, Selasa (20/8/2024) di Borneo Ballroom Hotel Novotel Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik diwakilkan oleh kepala Kesbangpol Kaltim Sufian Agus Mengatakan bahwa untuk perlu adanya Energi lintas sektoral untuk mensukseskan Pilkada tahun 2024.

Di mulai dari unsur pemerintah TNI polri hingga masyarakat untuk memastikan proses pemilihan umum ini berjalan dengan lancar dan damai.

Menurutnya, Pemilu adalah salah satu tonggak demokrasi yang sangat dihormati sebagai wujud kedaulatan rakyat dalam menentukan pemimpin dan perwakilan rakyat Indonesia karena itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu perlu adanya tanggung jawab bersama.

Baca Juga: DWP Kukar Gelar Berbagai Macam Lomba Dalam Rangka Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-79

 Ia juga menjelaskan rakor ini sangat penting untuk memperoleh berbagai informasi terkait dengan kondisi politik terkini khususnya di Kalimantan Timur seiring yang dekatnya umum pengadilan serentak di Provinsi Kalimantan pemilihan umum tahun 2024 yang tahapan harus berjalan sesuai jadwal.

kemudian tambahnya, pemilu yang adil bebas dan jujur adalah hak asasi rakyat Indonesia oleh karena itu perlu menjaga setiap tahapannya berjalan dengan baik dari proses pendaftaran hingga pemungutan suara dan perhitungan hasil suara.

Sufian Agus juga menegaskan komitmen Pemerintah provinsi Kalimantan Timur untuk mendukung penyelenggaraan pemilu yang aman damai dan demokrasi dengan begitu sangat penting kesiapan pengamanan dalam Pemilu.

Sementara itu Sekda Kukar Sunggono mengatakan bahwa hasil dari rakor tersebut adalah perlu adanya peningkatan sinergitas yang selama ini sudah terjalin dengan baik dan ia juga meminta kepada pihak TNI Polri nantinya bisa membantu tugas Pemerintah daerah dalam menangani keamanan pada Pilkada mendatang.

Ia meminta nantinya pada Pilkada 2024 netralitas TNI polri dan juga ASN menjadi hal yang penting dan ia juga berharap Keberhasilan Pilkada lalu bisa dipertahankan kembali dan tetap terjaga agar Pilkada bisa berjalan dengan baik.
Sunggono menjelaskan bahwa untuk persiapan Pilkada Kukar terkait TNI Polri soal keamanan

sudah siap karena semua anggaran keamanan sudah disalurkan.
Sunggono juga meminta kepada masyarakat untuk lebih dewasa menyikapi Pilkada 2024.

“Pada saat Pilkada lalu, partisipasi masyarakat Kukar diatas rata -rata nasional, dan saya harap Pilkada tahun 2024 bisa dipertahankan partisipasi masyarakat akan Pilkada karena hal tersebut bisa menunjukan kedewasaan masyarakat dalam pemilihan,” ujarnya.(Adv/Prokompimkukar)

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm