Sekda Membuka MTQ Sebulu ke- IV Tahun 2024

22 Agustus 2024 17:30 WIB
Sekda Membuka MTQ Sebulu ke- IV Tahun 2024
Sekda Membuka MTQ Sebulu ke- IV Tahun 2024 ( )

Tenggarong, Sonora.ID – Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono buka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kecamatan Sebulu ke IV ditandai dengan penyalaan obor bersama Camat Sebulu Edy Fahruddin dan Forkopimcam Sebulu, di Lapangan Desa Segihan Kecamatan Sebulu, Rabu (21/8/2024).

Menyampaikan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah, Sunggono memberikan apresiasinya atas terlaksananya pembukaan MTQ ke IV Tingkat Kecamatan Sebulu Di Desa Segihan berjalan dengan lancar, penuh dengan nuansa Islami dan meriah.

Seperti diketahui bersama sejak tahun 2021, Kabupaten Kukar sudah memiliki Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Gerakan Etam Mengaji (GEMA), dengan adanya peraturan daerah tersebut akan memberikan payung hukum yang kuat bukan hanya terhadap pembinaan dan pengembangan MTQ saja, tetapi juga program-program lain yang telah dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan seperti, program Satu Desa Satu Hafidz Al-Qur’an, program Dai Masuk Desa, Beasiswa ke PTIQ dan IIQ Jakarta dengan biaya penuh selama 8 (delapan) semester, Kukar Berkah dengan memberikan bantuan Rehabilitasi Rumah Ibadah, Penguatan Pondok Pesantren dengan bantuan stimulan sebesar Rp. 100 Juta setiap tahun dan masih banyak program-program strategis lainnya yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

Dikatakannya membaca Al-Qur’an Tartil maknanya adalah membaca Al-Qur’an harus dilakukan secara perlahan-lahan dengan memperjelas setiap huruf, membaca dengan fasih disertai dengan menghayati makna dan teratur nafasnya tatkala membaca. Hanya dengan membaca Al-Qur’an secara Tartil lah akan tumbuh kecintaan dalam dirinya kepada Al-Qur’an.

“Inilah yang melatar belakangi betapa pentingnya umat islam untuk menyelenggarakan MTQ dalam melatih diri untuk terus membaca Al-Quran dan Pemerintah menganjurkan untuk dilaksanakan setiap tahunnya secara konsisten dan terus menerus”,sebut Sunggono.

Baca Juga: Kejuaraan Bola Voli Kapolri Cup 2024 Resmi Dibuka, Tim Dari 34 Provinsi Siap Berlaga  

Pada kesempatan tersebut Ia juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada, Camat Sebulu, Sekretaris Kecamatan Sebulu selaku Ketua LPTQ Kecamatan Sebulu, yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan secara baik dengan menyelenggarakan MTQ Tingkat Kecamatan secara rutin setiap tahunnya, Kepala Desa Segihan dan seluruh jajarannya, sebagai tuan rumah sekaligus sebagai Panitia Pelaksana, yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, memberikan pelayanan terbaik kepada para kafilah yang berasal dari seluruh desa se Kecamatan Sebulu dan seluruh masyarakat muslim Kecamatan Sebulu dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif sehingga terselenggaranya MTQ ke-IV Tingkat Kecamatan Sebulu Tahun 2024 di Desa Segihan.

“Kepada para pimpinan Kafilah dan peserta MTQ dari seluruh Desa se Kecamatan Sebulu, saya ucapkan selamat bermusabaqah berikan tampilan yang terbaik, karena anda semua menjadi pemenangnya, sebagai pejuang-pejuang Al-Qur’an”,pesannya.

Kepada para Dewan Hakim, Ia minta agar dapat menjalankan tugas dengan sebenar-benarnya, berlaku jujur, tidak memihak dan sungguh-sungguh dalam memberikan penilaian subyektif mungkin, jangan ada subyektifitas. Karena MTQ Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan merupakan ajang seleksi mencari peserta terbaik. Dari pemenang Juara I setiap cabang pada MTQ akan menjadi Duta mewakili Kecamatan Sebulu mengikuti MTQ Tingkat Kabupaten Kukar ke-45 Tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Samboja Barat.(Adv Prokompim/kukar)

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm