40 Contoh Soal MOOC PPPK 2024, Lengkap Beserta Kunci Jawaban

26 Agustus 2024 11:09 WIB
40 Contoh Soal MOOC PPPK 2024, Lengkap Beserta Kunci Jawaban
40 Contoh Soal MOOC PPPK 2024, Lengkap Beserta Kunci Jawaban ( kompas.com)

Sonora.ID - Berikut ini contoh soal MOOC PPPK 2024 lengkap beserta kunci jawabannya.

Massive Open Online Course (MOOC) adalah metode yang digunakan untuk pelatihan dasar atau latsar bagi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Berikut ini Sonora.ID merangkum contoh soal MOOC PPPK 2024 lengkap beserta kunci jawabannya:

1. Yang mana kah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?

a. Menjaga nama baik sesame ASN, Pimpinan, Instansi, dan Negara

b. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

c. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan

d. Melakukan perbaikan tiada henti

JAWABAN : B

2. Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN?

a. Pelaksana kebijakan publik

b. Pelayan publik

c. Pengawas kegiatan publik

d. Perekat dan pemersatu bangsa

JAWABAN : C

3. “Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga negara melalui pajak yang mereka bayar” adalah prinsip …

a. Akuntabel

b. Berkeadilan

c. Aksesibel

d. Efektif dan efisien

JAWABAN : A

4. Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah sebagai …

a. Masyarakat sebagai wajib pajak

b. Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah

c. Masyarakat sebagai elemen adanya negara

d. Masyarakat sebagai penerima layanan

JAWABAN : D

5. Menurut A. Imanto, siklus layanan dimulai pada saat … dan berakhir pada saat …

a. Dimulai pada saat konsumen datang ke loket pelayanan dan berakhir ketika konsumen/pelanggan pulang

b. Dimulai saat konsumen/masyarakat menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani

c. Dimulai saat konsumen/masyarakat memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas pelayanan

d. Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service delivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan

JAWABAN : D

6. Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan, dicontohkan dengan?

a. Mampu, akan dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan

b. Mengerjakan apapun yang diminta oleh masyarakat tanpa banyak bertanya

c. Siap sedia 24 jam kapanpun dan di manapun dibutuhkan oleh masyarakat

d. Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang paling pagi dan pulang paling sore

JAWABAN : A

7. Undang-Undang Nomor 25 Tentang Layanan Publik menyebutkan 12 Asas Pelayanan Publik, kecuali

a. Kompetitif

b. Kesamaan hak

c. Keseimbangan hak dan kewajiban

d. Kepastian hokum

JAWABAN : A

Baca Juga: Kunci Jawaban MOOC ASN BerAKHLAK Materi 6 Tahun 2024: Paling Lengkap

8. Berikut ini termasuk Kode Etik dari nilai dasar BerAKHLAK, kecuali …

a. Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat

b. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi

c. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan

d. Loyal kepada atasan

JAWABAN : D

9. Berikut ini adalah termasuk perilaku Akuntabilitas yang sesuai dengan konteks Core Values ASN BerAKHLAK?

a. Kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien

b. Kemampuan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cekatan, disiplin dan berintegritas tinggi

c. Kemampuan menggunakan kewenangan jabatannya dengan fleksibel dan berintegritas tinggi

d. Kemampuan beradaptasi dengan permintaan dan karakter masyarakat Indonesia yang beragam

JAWABAN : B

10. Akuntabilitas merupakan kontrak antara pemerintah dengan aparat birokrasi dan pemerintah yang diwakili oleh ASN dengan masyarakat, salah satu ciri kontrak tersebut adalah …

a. Akuntabilitas adalah kewajiban mutlak

b. Akuntabilitas memiliki sifat fleksibel

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm