25 Contoh Soal Prinsip Geografi dan Kunci Jawabannya

27 Agustus 2024 13:59 WIB
Ilustrasi contoh soal prinsip Geografi.
Ilustrasi contoh soal prinsip Geografi. ( Pexels)

Sonora. ID - Contoh soal prinsip Geografi dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa sebelum menghadapi ujian.

Lewat contoh soal prinsip Geografi, siswa dapat mengetahui materi-materi yang diujikan sehingga proses pembelajaran lebih maksimal.

Adapun prinsip Geografi merupakan dasar untuk mengkaji, menjelaskan, dan menguraikan berbagai fenomena geosfer yang ada dalam suatu wilayah.

Prinsip Geografi terbagi menjadi empat, yakni  distribusi (penyebaran), deskripsi (penjelasan), interelasi (keterkaitan), dan korologi (gabungan dari prinsip distribusi, deskripsi, dan interelasi).

Berikut ini 25 contoh soal prinsip Geografi dan kunci jawabannya dikutip dari berbagai sumber.

1. Sebuah fenomena yang terjadi di alam dan dapat dianalisis serta dijelaskan karena berkaitan antara faktor satu dengan lainnya seperti adanya angin karena tekanan udara. Prinsip apa yang digunakan dalam kondisi ini?

A. Persebaran
B. Kronologi
C. Deskripsi
D. Interaksi
E. Interelasi

Jawaban: E

2. Fenomena gempa tektonik di Indonesia yang berkaitan dengan pergerakan lempeng tektonik Eurasia, pasifik, dan Indo Australia. Prinsip geografi yang menjelaskan fenomena tersebut adalah?

A. Prinsip interaksi
B. Prinsip distribusi
C. Prinsip korologi
D. Prinsip interelasi
E. Prinsip deskripsi

Jawaban: D

3. Penduduk desa kegiatannya dipengaruhi oleh lingkungan alam seperti tanah subur, iklim, dan kondisi air yang semaunya bagus. Karena itu, penduduk memilih bercocok tanam sebagai mata pencaharian utama. Prinsip geografi yang berkaitan dengan kondisi tersebut adalah?

A. Prinsip distribusi
B. Prinsip deskripsi
C. Prinsip korologi
D. Prinsip interaksi
E. Prinsip interelasi

Jawaban: E

4. Meletusnya gunung Merapi membuat para petani gagal panen karena sawah tertutup oleh pasir. Namun, di sisi lain pasir juga bisa dijual dan abu vulkaniknya malah membuat lahan menjadi subur. Prinsip geografi apa yang diimplementasikan pada penjelasan tersebut?

1. Interelasi
2. Kronologi
3. Deskripsi
4. Distribusi

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4
E. 2 dan 3

Jawaban: B

5. Sebuah fenomena alam dan manusia dijelaskan tersebar secara tidak merata, maka prinsip geografi yang digunakan adalah?

A. Korelasi
B. Interaksi
C. Interelasi
D. Distribusi
E. Kronologi

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm