Peran Sentral Keluarga Dalam Membangun Bangsa yang Kuat dan Berdaya Saing

27 Agustus 2024 17:05 WIB
Deputi Bidang KS-PK BKKBN RI, Nopian Andusti : Peran Sentral Keluarga Dalam Membangun Bangsa yang Kuat dan Berdaya Saing
Deputi Bidang KS-PK BKKBN RI, Nopian Andusti : Peran Sentral Keluarga Dalam Membangun Bangsa yang Kuat dan Berdaya Saing ( Istimewa)

Palembang Sonora.ID - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 pada tanggal 29 Juni 2024 menjadi momen penting dalam mengingatkan kembali peran sentral keluarga dalam membangun bangsa yang kuat dan berdaya saing.

Keluarga, sebagai unit terkecil dalam masyarakat, berperan fundamental dalam membentuk karakter dan kualitas bangsa, karena negara yang kuat seperti Indonesia terdiri dari kumpulan keluarga yang berkualitas.

Tema Harganas tahun ini, "Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas", mencerminkan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia dalam rangka menyongsong tahun 2045, saat Indonesia akan merayakan satu abad kemerdekaan.

Visi Indonesia Emas 2045 adalah menjadikan negara ini sebagai bangsa yang maju dengan sumber daya manusia yang unggul.

Untuk mewujudkan visi ini, Indonesia akan dihadapkan pada berbagai peluang dan tantangan yang harus diatasi secara bersama-sama hal tersebut disampaikan Deputi Bidang KS-PK BKKBN RI, Nopian Andusti saat membacakan sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan sekaligus pengukuhan ayah bunda genre tingkat kecamatan se kota Palembang dan pengukuhan pengurus genre tingkat kota dalam rangka memperingati Hari keluarga Nasional ( Harganas) tingkat kota Palembang Tahun 2024 di Kebon Gede Venue Palembang, Senin 26 Agustus 2024.

Baca Juga: Pasangan HDCU Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RS Mohammad Husin Usai Pendaftaran di KPU Sumsel

Novian juga menyampaikan salah satu tantangan signifikan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah isu stunting, yang masih menjadi fokus utama perhatian nasional.

Meskipun prevalensi stunting di Indonesia telah menurun sebesar 15,7% dalam satu dekade terakhir, rata-rata penurunan sekitar 1,57% per tahun ini masih belum cukup untuk mencapai target penurunan hingga 14% pada tahun 2024.

Oleh karena itu, langkah-langkah strategis yang terkoordinasi diperlukan untuk mencegah stunting secara efektif di seluruh wilayah Indonesia.

Upaya pencegahan stunting ini mencakup peningkatan akses dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya gizi yang baik pada masa pertumbuhan anak, serta perbaikan layanan kesehatan ibu dan anak.

Selain itu, peran keluarga dalam meningkatkan kelayakan hidup tidak hanya terbatas pada pemenuhan kebutuhan individu, tetapi juga sebagai pilar utama dalam menciptakan keluarga yang sehat dan berkualitas, jelas Novia.

Dalam rangka peringatan Harganas Tingkat Kota Palembang 2024 dihadiri juga oleh berbagai pejabat pemerintahan setempat.

Peringatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran keluarga dalam pembangunan bangsa.

Melalui momentum ini, diharapkan tercipta sumber daya manusia yang lebih sehat dan sejahtera, yang akan menjadi fondasi kuat menuju Indonesia Emas 2045.

Penulis : Dina Apriana

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm