KPU Mempawah Siap Jalankan Tahapan Pendaftaran Paslon Pilkada 2024

27 Agustus 2024 18:55 WIB
Ketua KPU Menpawah, Lutfiadi
Ketua KPU Menpawah, Lutfiadi ( Dok..sonora)

Mempawah, Sonora.ID - Ketua KPU Kabupaten Mempawah, Lutfiadi menyatakan pihaknya sudah siap dalam persiapan tahapan pendaftaran Paslon pada Pilkada ke depan. Namun memang dari proses persiapan itu di masa pendaftaran sudah diumumkan pendaftaran di tanggal 24 - 26 Agustus 2024. 

"Untuk tes kesehatan kami lagi berproses untuk penandatanganan PKS dengan Rumah Sakit Bhayangkara. Kemudian kami juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan teman - teman partai politik pasca putusan MK sekaligus pengenalan akun Sistem Informasi Pencalonan (Silon)," Ungkap Lutfi, Senin (26/8/2024). 

Lutfi menambahkan pada Senin pagi, pihaknya menggelar Gladi Resik sekaligus simulasi pendaftaran paslon secara internal. Dilanjutkan sorenya dengan melibatkan kepolisian dan TNI dikarenakan kaitannya dengan keamanan.  

"Itu terkait Kesiapan, "imbuhnya. 

Adapun terkait dengan persyaratan yang mungkin masih dirasa kurang lengkap, antisipasi KPU Mempawah adalah salah satunya melalui Help Desk KPU. Kemudian dari awal KPU Mempawah juga sudah menyurati apa yang sudah menjadi penting oleh Partai Politik ketika ada penafsiran dan ketidakpahaman agar selalu berkoordinasi dengan KPU. 

Baca Juga: Yudha Bahar Pasangan Pertama yang Daftar ke KPU Palembang

Lutfi mengatakan hingga kini di Kabupaten Mempawah belum ada admin Silon yang ditunjuk oleh paslon atau Gabungan partai politik yang membuka akses akun. Tetapi KPU Mempawah tetap akan menyampaikan kepada seluruh partai politik agar segera membuka akses Silon. 

"Tujuannya adalah karena semua syarat calon itu semua harus diupload di Silon. Kemudian untuk memastikan bahwa proses upload Silon berjalan baik, kami sudah sampaikan kepada teman - teman parpol untuk segera berkoordinasi agar kami bisa mengawasi, mana yang masih kurang dan lainnya, "tuturnya. 

Mengingat waktu pendaftaran dari tanggal 27 Agustus hingga 29 Agustus sudah dekat. Kalau kurang persyaratan berkas akan dikembakikan. 

"Yang kami khawatirkan bahasa orang sini itu kalau dikembalikan, itu ditolak padahal, tidak. Itu hanya dikembalikan, kadang itu yang membuat orang salah maksud, "ujarnya. 

Sebagai informasi dilansir dari Instagram KPU Mempawah, masyarakat bisa menyaksikan live streaming Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah dalam Pilkada serentak Tahun 2024 mulai tanggal 27 - 29 Agustus di Youtube KPU Kabupaten Mempawah. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm