Unika Atma Jaya Ajak Generasi Muda Tanamkan Prinsip Persaudaran Sejati

28 Agustus 2024 17:00 WIB
Unika Atma Jaya Ajak Generasi Muda Tanamkan Prinsip Persaudaran Sejati.
Unika Atma Jaya Ajak Generasi Muda Tanamkan Prinsip Persaudaran Sejati. ( Unika Atma Jaya)
 
Sonora.ID - Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp. S (K), mengatakan Unika Atma Jaya sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan nilai-nilai juga selalu menanamkan prinsip persaudaraan sejati dan menghargai setiap perbedaan yang ada.
 
“Unika Atma Jaya memiliki nilai inti KUPP (Kristiani-Unggul-Profesional-Peduli) yang dihidupi sebagai landasan berkarya dan belajar setiap harinya. Lebih dari itu, prinsip toleransi dan membangun persaudaraan sejati selalu diutamakan. Ini juga menjadi keunggulan Atma Jaya dalam mendidik generasi muda untuk tidak melupakan nilai-nilai kehidupan,” ujar Prof. Yuda dalam sambutan acara seminar yang berjudul “Agama dan Kemanusiaan: Lintas Keyakinan Menuju Persaudaraan Sejati”. Acara berlangsung di Ruang Yustinus lantai 15, Kampus Semanggi, Unika Atma Jaya, Rabu (28/8). 
 
Seminar ini digelar dalam rangka menyambut kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus ke Indonesia, Seminar dengan skala nasional ini menghadirkan pembicara kunci yaitu Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta dan Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA, selaku Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta. Selain itu juga hadir sebagai panelis diskusi dalam acara ini yaitu Dr. Agustinus Prasetyantoko dari Unika Atma Jaya, R.P. Prof. Dr. Franz Magnis-Suseno SJ seorang pemuka agama dan pengajar filsafat, Dr. Sukidi Mulyadi cendekiawan Muhammadiyah, dan Ibu Inayah Wahid selaku aktivis.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Atma Jaya, Linus M. Setiadi, menyampaikan bahwa seminar ini dapat dimaknai secara luas untuk memperkuat toleransi, persatuan, dan bahkan perdamaian dunia di tengah situasi yang tidak menentu. 
 
 
“Indonesia yang dikenal dengan keberagamannya mencerminkan kekayaan yang luar biasa. Melalui acara seminar nasional yang bertempat di Atma Jaya ini dan dihadiri oleh peserta yang berasal dari berbagai latar belakang dapat menjadi cerminan untuk menciptakaan harmoni persaudaraan di antara manusia,” ujar Linus M. Setiadi 
 
Lebih lanjut Linus juga menjelaskan bahwa unit karya Atma Jaya seperti Rumah Sakit, Klinik, dan Apotek Atma Jaya terus memberikan kontribusi peningkatan kualitas kesehatan masyrakat melalui program-program yang menyasar pada masyarat KLMTD (Kecil Lemah Miskin Terpinggirkan dan Disabilitas).
 
Seminar nasional yang dihadiri oleh lebih dari 400 orang ini dihadiri terutama oleh orang muda Indonesia yang berasal dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi. Diharapkan generasi muda para penerus bangsa dapat lebih memahami penting nya toleransi dan kebersatuan yang akan menjadi pondasi mereka untuk membangun negara bersama sama di tengah perbedaan latar belakang, suku bangsa, budaya, maupun agama. 
 
Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA, mengawali acara sebagai pembicara kunci menyampaikan bahwa sudah saatnya kita sebagai manusia membangun kebersamaan yang hakiki. Indonesia adalah bangsa yang ramah, toleran, dan menjunjung tinggi nila-nilai kemanusiaan.
 
"Kebaikan dan persatuan antar umat beragama adalah tujuan kita bersama. Saya tidak ingin menyorot perbedaan, melainkan lebih fokus pada upaya memperkuat persatuan dan kesatuan di antara kita. Karena pada hakikatnya, kita semua adalah bagian dari kemanusiaan yang sama. We are the one and we are the same,” ungkap Prof. Dr. KH. Nasaruddin.
 
Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo yang juga pembicara kunci menyampaikan iman yang sejati mewujud dalam persaudaraan yang tulus dan berbuah pada tindakan nyata. Menurutnya, kita dipanggil untuk saling peduli, terutama terhadap sesama dan lingkungan. 
 
"Masalah lingkungan yang kompleks menuntut kita untuk menggabungkan berbagai ilmu disiplin, didukung oleh kekuatan doa, dan diwujudkan dalam tindakan nyata. Dengan demikian, kita tidak hanya menjadi umat beriman yang taat, tetapi juga menjadi warga yang bertanggung jawab.” tegas Kardinal Suharyo
 
Diskusi panel diawali dengan pemutaran video dari tokoh-tokoh muda dan masyarakat yang telah mengalami dan menjalani kehidupan dalam persaudaraan dengan mereka yang berbeda iman. Mereka adalah Jonathan Christie, atlet buku tangkis nasional, Dewi Praswida, dari Gusdurian yang memperoleh beasiswa untuk belajar di Vatikan dan berkesempatan bertemu dengan Paus Fransiskus, Mateo Singgih seorang influencer Katolik serta umat Paroki Santa Odilia, Tangerang. Cerita mereka menjadi inspirasi dan bahan diskusi yang menarik dengan moderator yang memandu diskusi yaitu Feli Sumayku. 
 
Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan peserta dan peluncuran dua buku yaitu buku "Miserando Atque Eligendo: Teroboson, Kegelisahan, dan Peziarahan Paus Fransiskus" yang menceritakan pengalaman Paus Fransiskus dalam menghadapi berbagai peristiwa dan tantangan dalam hidupnya dan buku “Salve Peregrinans Spei! Salam bagimu Sang Peziarah Harapan” yang menceritakan tentang keragaman pandangan dan refleksi mendalam tentang kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. 
 
Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia membawa pesan iman, persaudaraan dan kasih yang harus dijaga dan dirawat di negeri Indonesia yang memiliki masyarakat yang beragam suku budaya maupun agamanya. Kedatangannya diharapkan semakin menguatkan Bangsa Indonesia untuk membangun negara dalam semangat persaudaraan sejati.
 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm