Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 42 Video 1 Kurikulum Merdeka 

28 Agustus 2024 21:05 WIB
Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 halaman 42 Kurikulum Merdeka Video 1: Go Digital Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi.
Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 halaman 42 Kurikulum Merdeka Video 1: Go Digital Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi. ( Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan mengenai kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 halaman 42 Kurikulum Merdeka Video 1: Go Digital Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi.

Kunci jawaban di bawah ini diharapkan bisa menjadi bahan belajar untuk para siswa di rumah sehingga para siswa dapat memahami lebih dalam mengenai materi tersebut.

Para siswa pun dapat mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya terlebih dahulu lalu mencocokkan jawabannya dengan kunci jawaban berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 42 Video 1 Kurikulum Merdeka

Bersama kelompok yang sama, jawablah pertanyaan berikut ini.

  1. Apa gagasan utama dalam tayangan video yang telah kalian saksikan?
  2. Kapan peristiwa para pedagang melakukan usaha memakai konsep go digital terjadi?
  3. Mengapa industri kreatif sangat terdampak oleh pandemi? Jelaskan alasan kalian.
  4. Apa hubungan antara pandemi dengan penghasilan para pedagang industri kreatif? Jelaskan jawaban kalian.
  5. Dampak apakah yang dirasakan pedagang saat mereka beralih ke konsep go digital?
  6. Bagaimana tanggapanmu terhadap tindakan para pedagang untuk beralih ke penjualan dengan platform digital?

Jawaban: 

  1. Gagasan utama dalam tayangan video itu adalah pelaku usaha UMKM melakukan inovasi dengan berjualan pada platform digital agar dapat bertahan selama masa pandemi.
  2. Maret–November 2020
  3. Industri kreatif memerlukan pelanggan yang datang ke tempat usaha atau pertunjukan agar dapat memirsa hasil karya atau produk pelaku usaha.
    Selama masa pandemi terdapat pembatasan kerumunan dan perjalanan sehingga para calon pelanggan tidak dapat mengakses produk pelaku usaha.
  4. Pembatasan jam buka usaha, pembatasan kerumunan, dan pembatasan perjalanan untuk mencegah semakin parahnya pandemi mengakibatkan tidak ada pelanggan yang dapat membeli produk pelaku usaha industri kreatif.
    Karena tidak ada transaksi pembelian, omzet para pedagang menurun drastis dan produk pun menumpuk tidak terbeli.
  5. Saat pedagang beralih ke konsep Go Digital, pelanggan mulai dapat melihat hasil karya dan produk jualan secara daring tanpa harus mendatangi tempat usaha UMKM.
    Pembelian oleh pelanggan yang tertarik atau membutuhkan produk pedagang UMKM mulai terjadi.
    Penghasilan para pedagang meningkat seiring dengan makin banyaknya pengakses pasar digital pelaku usaha UMKM.
  6. Tindakan para pedagang untuk beralih ke penjualan dengan platform digital adalah suatu hasil kreativitas dan keuletan pelaku usaha UMKM yang baik untuk dicontoh.
    Kegigihan pedagang untuk tetap mencari peluang dan belajar hal baru sesuai dengan zaman akan membantu kelangsungan usaha.

Sekian penjelasan mengenai kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 halaman 42 Kurikulum Merdeka Video 1. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 40 Kurikulum Merdeka

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm