Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 27 Kurikulum Merdeka: Soal Esai

29 Agustus 2024 14:30 WIB
Kunci jawaban PAI Kelas 10 halaman 27 Kurikulum Merdeka
Kunci jawaban PAI Kelas 10 halaman 27 Kurikulum Merdeka ( )

Sonora.ID - Berikut ini kunci jawaban PAI Kelas 10 halaman 27 Kurikulum Merdeka yang merupakan lima soal esai yang menguji kemampuan siswa terkait Bab I.

Bab I pada buku Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti ini bertemakan Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja.

Adapun buku yang dimaksud adalah buku dengan Kurikulum Merdeka yang ditulis oleh Ahmad Taufik dan Nurwastuti Setyowati (2021).

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 29: Teks Anekdot Komik

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 27 Kurikulum Merdeka

1. Kehidupan dunia diwarnai dengan perubahan yang sangat dinamis. Allah menganjurkan umatnya agar berkompetisi dalam kebaikan. Nabi Saw. mengajarkan agar mengawali amal dengan membaca basmalah. Mengapa saat mengawali suatu amal kebaikan harus dengan membaca basmalah dan berdoa kepada Allah Swt.?

Jawaban:
Memulai amal kebaikan dengan membaca basmalah dan berdoa kepada Allah Swt dianjurkan agar amal tersebut dipermudah, lebih membawa manfaat, dan memperoleh berkah dari-Nya. Doa merupakan dorongan spiritual yang menguatkan upaya kita dalam menjalankan amal tersebut.

2. Setiap ajaran Al-Qur’an pasti memiliki hikmah dan manfaat, termasuk ajaran fastabiqul khairat. Sifat mulia ini akan mendatangkan banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebutkan dan jelaskan manfaat fastabiqul khairat dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:
Beberapa manfaat dari fastabiqul khairat antara lain:

- Memperoleh rida dan pahala dari Allah Swt. Allah Swt memberikan pahala kepada mereka yang menjalankan tugasnya dengan ikhlas.
- Kesuksesan sejati bukan hanya kesuksesan duniawi, tetapi meraih rida Allah Swt adalah puncak keberhasilan.
- Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Orang yang terbaik adalah mereka yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.
- Menjadi individu yang disiplin dan bertanggung jawab. Hasrat untuk menjadi yang terbaik harus didukung oleh sikap disiplin dan tanggung jawab, keduanya adalah modal utama untuk meraih sukses dalam persaingan.
- Meningkatkan motivasi diri untuk menjadi lebih baik. Dalam kompetisi, keinginan untuk unggul akan mendorong peningkatan kualitas diri.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm