Mulai September 2024, KA Lodaya Ekonomi Bandung - Solo Balapan Resmi Gunakan Stainless Steel New Generation

31 Agustus 2024 07:34 WIB
Ilustrasi kereta
Ilustrasi kereta ( PT KAI)

Bandung, Sonora.ID - Masih bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation 2023 - 2026 yang didatangkan dari PT INKA, PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Lodaya Ekonomi relasi Bandung – Solo Balapan PP di Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, menggunakan Stainless Steel New Generation mulai 1 September 2024.

"Pengoperasian ini adalah wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience," ucap Manager Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi di Stasiun Bandung, Jumat (30/8/2024).

"Awal September besok itu KA Lodaya Ekonomi, nah yang KA Lodaya Eksekutif dengan stainless steel new generation itu sudah kami operasikan sejak Mei 2024 lalu," jelas Ayep.

Ayep menuturkan, beberapa kunggulan Kereta jenis Stainless Steel New Generation ini adalah pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis yang akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu dan buka - tutup pintu pun menjadi lebih senyap. 

“Lalu Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan," kata Ayep.

"Jadi PIDS ini menambah perjalanan para pelanggan menjadi lebih nyaman dan aman karena alat itu menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan,” ungkapnya.

Baca Juga: Perkuat Keberadaan Aset, PT KAI Tandatangani Kerjasama Dengan Kejati Jabar

"Dan juga selama perjalanan, pelanggan tidak akan merasa bising dan merasa silau karena pantulan sinar matahari atau UV dari jendela, karena ini sudah tempered double glass, juga menambah tingkat keamanan lebih tinggi," jelas Ayep.

"Charger ponsel, laptop atau smart watch aman, di semua kursi itu ada USB charger port," imbuhnya.

“Keunggulan lain pada Kereta Stainless Steel New Generation yaitu pada toilet di mana tersedia keran di bagian bawah untuk membasuh kaki saat wudu. Khusus di toilet wanita, kami menambah meja lipat yang berfungsi untuk dudukan mengganti popok bayi,” ungkap Ayep.

Kereta Makan di rangkaian New Generation ini juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium.

Kereta Makan tersebut didominasi sentuhan kayu serta kursi makan yang lebih empuk dan lembut. PIDS yang sama juga tersedia di Kereta Makan.

“Semua upgrade kenyamanan kereta yang KAI lakukan ini merupakan upaya perseroan untuk terus memanjakan pelanggan saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api," tutup Ayep.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm