Makmur Marbun Raih Penghargaan Kesejahteraan Rakyat Kategori Fiskal Rendah di Malam Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024

31 Agustus 2024 10:11 WIB
Makmur Marbun Raih Penghargaan Kesejahteraan Rakyat Kategori Fiskal Rendah di Malam Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024
Makmur Marbun Raih Penghargaan Kesejahteraan Rakyat Kategori Fiskal Rendah di Malam Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024 ( Diskominfo PPU)

Jakarta, Sonora.ID – Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Kesejahteraan Rakyat Fiskal Rendah pada acara Malam Penganugerahan Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024. Acara ini digelar di The Tribrata Hotel & Convention Center, Darmawangsa, Jakarta Selatan, pada Jumat malam (30/8/2024).

Penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian apresiasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Tempo Media Group. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai penjabat kepala daerah dari seluruh Indonesia, termasuk Sekretaris Daerah Kabupaten PPU dan sejumlah pejabat dari organisasi perangkat daerah PPU.

Dalam pidato pembukaannya, Direktur Utama PT Tempo Media Group, Arif Zulkifli, menjelaskan bahwa proses kurasi dan penjurian penghargaan ini berlangsung sejak Mei hingga pertengahan Agustus 2024.

"Penilaian dilakukan berdasarkan tiga kelompok utama yang meliputi kesejahteraan rakyat, pelayanan publik, dan ekonomi daerah. Indikator-indikator ini mencakup berbagai aspek penting seperti kemiskinan ekstrem, pengangguran, kesehatan, penanganan stunting, serta pelayanan publik dan pengendalian inflasi," ujarnya.

Arif Zulkifli menambahkan bahwa penilaian ini mempertimbangkan kluster-kluster yang berbeda, sehingga tidak semua daerah bisa dibandingkan secara langsung.

"Alokasi anggaran menjadi salah satu faktor penting dalam penilaian. Oleh karena itu, daerah dengan kapasitas fiskal yang lebih besar tidak bisa dibandingkan dengan daerah yang memiliki anggaran lebih kecil, maka kami membuat kluster berdasarkan kapasitas fiskal," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, menyampaikan apresiasi kepada seluruh penjabat kepala daerah yang telah berdedikasi dalam menjalankan tugasnya. Menurutnya, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kinerja yang luar biasa dalam membangun daerah, terutama ditengah tantangan yang tidak mudah.

" Penghargaan ini tidak hanya sebagai pengakuan atas kinerja yang baik, tetapi juga sebagai motivasi bagi seluruh penjabat kepala daerah untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat," ujar Tito Karnavian.

Baca Juga: Pj PPU Hadiri Pelantikan Pengurus DPD LMAKB Kab.PPU Periode 2024-2029

 

Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Kesejahteraan Rakyat Fiskal Rendah pada acara Malam Penganugerahan Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm