Proses Pergantian Pengurus DPW PSI Kalbar Terkesan Mendadak, Akim Kecewa

31 Agustus 2024 12:30 WIB
Alexius Akim (tengah)
Alexius Akim (tengah) ( Ist)

Pontianak, Sonora.ID - Alexius Akim, mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Kalimantan Barat, mengungkapkan rasa kecewanya terhadap pergantian pengurus PSI oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI. Menurut Akim, perubahan pengurus ini dilakukan secara mendadak dan tidak lazim, hanya melalui komunikasi telepon.

Akim menambahkan bahwa pergantian ini terjadi menjelang deklarasi pengurus lama untuk mendukung kandidat PSI dalam Pilkada Serentak mendatang, menimbulkan ketidakpuasan di kalangan pengurus dan pendukung PSI di daerah tersebut.

"Ya, kami menerima telepon dari DPP PSI terkait hal ini (perubahan pengurus) saat diperjalanan menuju Landak untuk mendukung calon yang PSI usung," jelas dia. 

Pergantian pengurus DPW PSI Kalbar periode 2022-2024 dari Alexius Akim kepada Robi Susansi dilakukan DPP PSI pada 26 Agustus 2024, saat tahapan Pilkada sedang berlangsung.

Mantan Ketua DPW PSI Kalbar, Alexius Akim, menyatakan bahwa pergantian pengurus dalam sebuah organisasi adalah hal yang biasa dan telah diatur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Yang tak lazim dari pergantian pengurus ini adalah waktu pergantiannya, yaitu saat pengurus lama tengah mempersiapkan pertarungan Pilkada di lapangan, dan proses pergantian yang mendadak dan terkesan terburu-buru.

Baca Juga: Daftar Ke KPU, Pasangan Norsan - Krisantus (NKRI) Janjikan Pemerataan Pembangunan Terutama Pedesaan

"Saya tidak mempermasalahkan pergantian ini, namun saat sedang bersemangat untuk bertempur dan mendukung calon, malah hal ini terjadi, padahal kami mengira pergantian ini akan terjadi setelah gelaran pilkada nanti" jelasnya, kepada awak media Jum'at (30/08).

DPP PSI harusnya menunggu hingga tahapan Pilkada selesai sebelum melakukan pergantian dan melakukan evaluasi pengurus secara menyeluruh, sesuai arahan Ketua Umum sebelumnya.

Menanggapi keputusan DPP tersebut, Alexius Akim mengimbau kepada seluruh pengurus PSI di kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas dengan baik dan bertanggung jawab guna mensukseskan Pilkada serentak.

Dia juga meminta kepada calon kepala daerah yang diusung oleh PSI untuk bertarung dengan baik, karena dirinya dan pengurus DPW PSI yang lama tetap mendoakan yang terbaik bagi para calon.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm