Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 170 Kurikulum Merdeka

2 September 2024 13:20 WIB
Ilustrasi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 170 kurikulum Merdeka
Ilustrasi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 170 kurikulum Merdeka ( )

Sonora.ID - Artikel kali ini akan membahas tentang kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 170 kurikulum Merdeka.

Pada halaman 170 buku Bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum Merdeka, siswa/i akan mendapatkan materi terkait menulis teks tanggapan.

Terdapat beberapa pertanyaan yang dapat diselesaikan oleh siswa/i untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi tersebut.

Untuk itu, mari simak kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 170 kurikulum Merdeka untuk dijadikan sebagai referensi jawaban.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 9 Halaman 66 Kurikulum Merdeka

Kegiatan 11a: Menulis Teks Tanggapan

Menulis

Apakah kalian senang menonton film atau membaca buku? Pernahkah kalian menikmati sebuah karya, merasa kagum, terinspirasi, dan ingin membagikannya kepada orang lain? Ayo membuat teks tanggapan!

Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah resensi buku. Pilihlah buku kesukaanmu, baik fiksi ataupun nonfiksi.

Ikutilah langkah-langkah penulisan teks tanggapan berikut ini.

Kunci Jawaban:

Judul Resensiku: Resensi Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer

Identitas Buku

- Judul buku : Bumi Manusia

- Penulis : Pramoedya Ananta Toer

- Ilustrator : -

- Penerbit : Jakarta: Lentera Dipantara

- Tahun Terbit : 2006

- Jumlah Halaman: 538 halaman

- Ukuran Buku: 21 cm

Pembuka

Tuliskan gambaranmu secara umum terhadap buku ini.

Aku menyukai buku ini karena setiap peristiwa ditulis selaras dan penuh arti.

Pada tiap-tiap bab pun diceritakan dengan pembabakan yang gamblang meskipun sesekali terjadi perubahan point of view atau sudut pandang orang pertamanya, seperti dari Minke ke Annelise, kemudian menuju Nyai Ontosoroh.

Namun, terlepas dari itu, jalannya cerita tetap mudah dipahami, bahkan menambah wawasan akan pembangunan pada tiap karakter atau tokoh dalam cerita di novel ini.

Dengan kata lain, sebagai pembaca, mampu mengetahui dan memahami dari berbagai sudut pandang si tokoh utama cerita.

Analisis

Kalian mengawali bagian ini dengan menuliskan sinopsis singkat isi buku ini.

Buku ini bercerita tentang novel fiksi dengan genre drama history yang memiliki setting di kehidupan periode penjajahan Belanda.

Dalam buku ini, dikisahkan pula kehidupan seorang pemuda Pribumi bernama Minke.

Minke bersekolah di H.B.S atau Hogere Burgerschool, yaitu setingkat dengan Sekolah Menengah Akhir (SMA) dan hanya diperuntukan bagi orang Eropa, Belanda, dan Elite Pribumi.

Tirto Adhi Soerjo, orang memanggilnya dengan sebutan Minke (Nyai Ontosoroh memanggilnya Sinyo), merupakan anak dari seorang Bupati Wonokromo kota B sehingga ia disekolahkan agar kelak menjadi Bupati layaknya sang ayah, tetapi dirinya menolak akan hal tersebut.

Sebagai seorang Pribumi, Minke adalah anak yang pandai di H.B.S, penyuka sastra, dan memiliki kecakapan dalam kepenulisan.

Hal itu terbukti bahwa dirinya menjadi seorang yang cukup diketahui dan dikenal di Jawa sebab tulisannya banyak dimuat di koran Belanda sebagai nama Max Tollenaar (nama samaran).

Tetapi, pendidikan yang diperoleh oleh Minke di H.B.S ini, menjadikan dirinya sebagai pribadi yang menghormati bangsa Eropa, terlebih pula karena pengajaran dari gurunya, yaitu Juffrouw Magda Peters.

Dalam Bumi Manusia, Minke amat menyanjung dan menghormati bangsa Eropa dan tidak memedulikan lagi budaya Jawa, sebagai budaya asalnya.

Hingga pada akhirnya, Minke menyadari dan mendapati bangsa Eropa yang disanjung dan dihormatinya itu tidak lain adalah penindas bangsa lain.

Tema yang diangkat adalah Drama Politik

Para tokohnya:

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 33 Kurikulum Merdeka

1. Minke atau Sinyo

Minke atau Sinyo (Nyai Ontosoroh memanggilnya Sinyo) merupakan salah satu murid di H.B.S (Hogere Burgerschool). Ia mempunyai kepandaian yang luar biasa, pintar berargumen secara logis, dan penuh kehormatan. Kemudian, Minke juga seorang penulis dan anak dari juru tulis, serta perusahaannya pun tidaklah sedikit.

2. Robert Suurhof

Robert Suurhof adalah seseorang yang gemar merendahkan orang, menghina, dan bisa dikatakan suka jahat terhadap orang lain. Namun, ia adalah salah satu sahabat dekat dari Minke.

3. Annelies Mellema

Annelies merupakan gadis cantik Eropa-Pribumi yang pemalu dan lugu. Walaupun ia adalah gadis berdarah campuran, tetapi gaya berpakaiannya kerap bergaya busana Jawa sebab dirinya senang memakai batik. Ia sebenarnya cerdas, tetapi menurut Minke, Annelies tetaplah gadis yang lugu

4. Nyai Ontosoroh

Ontosoroh adalah seorang Nyai atau gundik Eropa. Ia adalah seorang istri dari Tuan Mellema. Akan tetapi, mereka tidak terikat dengan pernikahan yang sah, baik secara agama maupun hukum. Nyai Ontosoroh adalah wanita yang cerdas, bijaksana, mempunyai adab baik, mahir berbahasa Belanda, memiliki sikap terbuka, dan seorang pekerja kantoran, seperti manajemen bank, berdagang, dan sebagainya.

5. Robert Mellema

Robert Mellema akrab dengan kemewahan, selalu berpenampilan wangi dan tentunya rapi. Kemudian, ia juga berparas rupawan, tubuhnya tinggi, cekatan, tangkas, dan sopan.

6. Darsam

Darman adalah seorang pelayan dari Raden Mas Sinyo Minke yang kerap menjemput dan mengantar Minke ketika hendak atau selepas dari pekerjaannya.

7. Juffrow Magda Peters

Magda Peters adalah salah satu sahabat terdekat Minke yang gemar membaca buku sehingga ia mempunyai nilai yang memuaskan.

Alur ceritanya:

Rangkaian kisah di dalam Bumi Manusia amatlah pelik, bahkan bisa dikatakan kompleks.

Berawal dari kisah drama percintaan yang Minke dan Annelies yang mendapatkan penekanan.

Hal tersebut dikisahkan secara mendalam oleh Pramoedya yang awalnya Minke menghormati dan menyanjung bangsa Eropa sampai akhirnya dirinya membenci akan perbuatan yang sudah ia lakukan selama ini.

Evaluasi

Menurutku, buku ini cocok dibaca oleh kaum sastrawan, sejarawan, anak muda, cendekiawan hingga tokoh politik.

Karena buku ini tidak sekedar menggambarkan konflik drama antar tokoh, namun hal-hal yang tersirat terkait keadaan sejarah politik yang pernah ada di Indonesia.

Buku ini pun cocok dinikmati saat pembaca tertarik dan ingin memperluas pengetahuan terkait bidang apapun atau ingin mencari novel yang berbobot.

Karena banyak pengetahuan yang dapat diambil dari tulisan karya Pram berkaitan dengan nilai sejarah dan makna kehidupan.

Ada baiknya buku ini dapat menjadi bacaan wajib bagi setiap siswa untuk menambah pengetahuan yang lebih luas.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm