Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PPG Daljab 2024, Paling Lengkap

2 September 2024 11:03 WIB
Ilustrasi Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PPG Daljab 2024, Paling Lengkap
Ilustrasi Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PPG Daljab 2024, Paling Lengkap ( )

Sonora.ID – Simak artikel berikut untuk mengetahui kunci jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PPG Daljab 2024, paling lengkap.

Program Pendidikan Profesi Guru bagi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi Guru Dalam Jabatan untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) mewajibkan kepada para pesertanya untuk mempelajari berbagai modul pelajaran termasuk Modul Prinsip Pengajaran dan Asesmen Umum (PPPA-Umum).

Modul tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yakni PPA Umum bagian 1, PPA Umum bagian 2 dan PPA Umum bagian 3.

Nantinya, setelah selesai peserta akan diminta untuk mengerjakan soal Post Test sebagai tugas yang harus diselesaikan.

Baca Juga: Contoh Refleksi Diri UKIN PPG Daljab 2023, Beserta Link Download PDF 

Pada Post Test PPA Umum 1-3 terdapat masing-masing 5 soal pertanyaan yang peserta perlu kerjakan.

Nah, berikut kunci jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PPG Daljab 2024, paling lengkap.

Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1

1. Anda mengampu mata pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli yang menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Di sisi lain, sekolah Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik, sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

A. Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut
B. Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli
C. Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan- gerakan yang bersifat dasar
D. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas
E. Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat

Jawaban : D

2. Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa. Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?

A. Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengajar
B. Menggunakan bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas
C. Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi
D. Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia
E. Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa

Jawaban : D

3. Pada satu materi belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta setiap peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Akan tetapi, mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan minat masing-masing. Sebagai guru mapel IT, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?

A. Mengizinkan peserta didik untuk membuat poster sesuai dengan minatnya masing-masing
B. Berupaya memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik meskipun tidak terlalu jauh dari tema budaya
C. Membuat survei minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum pembelajaran
D. Meminta peserta didik untuk membuat poster sesuai tema yang telah Anda tentukan
E. Memaklumi minat peserta didik yang beragam dalam pembuatan tugas tersebut

Jawaban : C

4. Anda akan mengajarkan salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari jarak jauh. Pada kegiatan praktik, ada beberapa peserta didik yang menyatakan tidak sanggup melakukan kegiatan tersebut dikarenakan baru saja sembuh dari sakit. Ada pula yang menyampaikan bahwa mereka belum sempat sarapan. Tindakan apa yang Anda lakukan sebagai guru mata pelajaran PJOK di kelas tersebut?

A. Memastikan kembali kondisi setiap peserta didik sebelum menentukan jarak lari yang akan dipraktikkan Sebelum
B. Mengubah jenis lari ke lari jarak menengah agar setiap peserta dapat melakukan praktik lari
C. Meminta peserta didik yang tidak mampu untuk istirahat dan tidak melakukan kegiatan tersebut
D. Menyadari bahwa praktik lari jarak jauh tidak selalu dapat dilakukan oleh semua peserta didik
E. Tetap meminta peserta didik untuk lari jarak jauh meskipun beberapa diantaranya harus pelan-pelan

Jawaban : A

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm