Lebih dalam Memahami Peran Bank Indonesia Dalam Memperkuat Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi Jabar

3 September 2024 16:03 WIB
Lebih Dalam Memahami Peran Bank Indonesia Dalam Memperkuat Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi Jabar
Lebih Dalam Memahami Peran Bank Indonesia Dalam Memperkuat Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi Jabar ( Tribunjabar)
Bandung, Sonora.ID - Di tengah tantangan global dan domestik saat ini, dan sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong akselerasi perekonomian, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat (Jabar) memandang sangat penting dalam menjaga momentum tersebut.
 
Terkait hal tersebut, Kepala BI Jabar Muhammad Nur juga menyebut, sebagai upaya dalam peningkatan kinerja sektor-sektor yang dapat mendorong pertumbuhan serta eksplorasi sumber-sumber pertumbuhan baru seperti pariwisata, pengembangan ekonomi hijau, dan digitalisasi, menjadi sangat krusial. 
 
Selain itu, stabilitas harga dan ketahanan pangan juga berperan signifikan dalam menjaga kesejahteraan rakyat Jawa Barat.
 
Untuk mendukung berbagai upaya tersebut diperlukan juga optimisme dari masyarakat, termasuk pelaku usaha, mulai dari tingkat mikro hingga besar. 
 
Diantaranya adalah dengan kembali dihadirkannya anugerah jurnalistik West Java Journalist Competition (WJJC) 2024, di mana BI Jabar bekerjasama dengan Forum Diskusi Wartawan Bandung (FDWB).
 
WJJC 2024 mengambil tema "Peran dan Potensi Bank Indonesia dalam Memperkuat Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat", kompetisi ini dibuka secara umum untuk seluruh jurnalis aktif yang melakukan peliputan di wilayah Jawa Barat. 
 
Adapun subtema yang diperlombakan ada empat, yaitu berkaitan dengan pengendalian inflasi, infrastruktur, pengembangan ekonomi baru, dan digitalisasi.
 
"Empat subtema yang diperlombakan ini sangat erat dengan upaya pemerintah dalam mendorong akselerasi perekonomian termasuk di wilayah Jawa Barat. Apalagi di tengah tantangan global dan domestik saat ini, untuk itu kami memandang perlu dan penting dalam menjaga momentum perekonomian Jawa Barat," kata Muhammad Nur, yang dikutip dari statement resminya, Minggu (1/9/2024) lalu
 
"Melalui kompetisi ini, diharapkan para jurnalis dapat turut membangun optimisme masyarakat hingga mendukung stabilitas dan proses pertumbuhan ekonomi Jawa Barat," jelasnya.
 
"Di sisi lain, di tengah arus informasi yang bergerak begitu cepat, jurnalis terkadang luput dalam mengemas informasi secara aktual, faktual, komprehensif dan menarik," ungkap Muhammad Nur.
 
Muhammad Nur juga menyebut bahwa ide, gagasan, dan masukan melalui karya jurnalistik ini dapat menjadi salah satu masukan bagi Bank Indonesia, pemerintah daerah beserta seluruh stakeholders komponen hexahelix Jawa Barat dalam menumbuhkan perekonomian termasuk sektor yang selama ini belum termaksimalkan. 
 
"Karena pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat semakin berkualitas dan berkelanjutan," ucapnya.
 
"Untuk itu, saya mengajak seluruh insan jurnalis di Jawa Barat agar dapat berpartisipasi menciptakan karya terbaik untuk memberikan kontribusi bagi Jawa Barat dan Indonesia yang lebih baik," jelas Muhammad Nur.
 
Dia berharap kompetisi ini dapat menjadi kanal kolaboratif yang akan membantu para jurnalis menghasilkan karya besar yang juga memberi dampak yang besar bagi masyarakat dan Bank Indonesia.
 
Untuk diketahui, WJJC 2024 dibuka untuk seluruh jurnalis, baik dari kategori media cetak, televisi, media online, dan foto. Karya dalam bentuk tulisan straight news, indepth news, ficer, video, atau foto tunggal.  
 
Informasi lebih lengkapnya, para jurnalis yang menjadi peserta, dapat memperolehnya melalui media sosial BI Jawa Barat atau FDWB.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: OJK Sebut Jasa Keuangan Jabar Semester 1 Tahun 2024 Resilien dan Stabil

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm