Berkapasitas Produksi 8-10 Juta Bibit Per Tahun, Kalsel Kini Miliki Persemaian Terbesar di Kalimantan Setelah IKN

4 September 2024 11:04 WIB
Suasana tempat persemaian
Suasana tempat persemaian ( Biro Adpim Setdaprov Kalsel)

Banjarbaru, Sonora.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar mengunjungi Persemaian Liang Anggang seluas 14 hektare di Kelurahan Landasan Ulin, Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, pada Selasa (03/09).

Wahana persemaian tanaman kayu-kayuan ini, merupakan hasil kerjasama Kementrian LHK, PT Adaro Indonesia, Kementrian PUPR, serta Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Kehutanan.

Persemaian yang memiliki kapasitas produksi 8-10 juta bibit per tahun ini akan menjadi pusat produksi bibit terbesar kedua di Kalimantan, setelah Mentawir di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Di sela-sela kunjungan, Siti Nurbaya mengatakan, pembangunan Persemaian Liang Anggang merupakan langkah nyata pemerintah pusat dalam mendukung gerakan revolusi hijau yang telah digaungkan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Ia mengapresiasi kepemimpinan Gubernur Kalsel, yang dinilainya tidak hanya dekat dengan masyarakat, tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan.

“Gubernur Kalsel tidak hanya sangat bermasyarakat, tetapi juga sangat peduli dengan lingkungan,” ucapnya.

Dijelaskan Siti, dengan adanya Persemaian Liang Anggang ini, dapat memberikan manfaat secara ekologi dan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Ini akan menjadi pusat produksi bibit di Kalsel,” ungkapnya.

Menteri Siti pun mengutarakan, pembangunan Persemaian Liang Anggang dilaksanakan sejalan dengan arahan Presiden RI dalam membangun fasilitas persemaian dengan skala besar pada setiap Provinsi, guna mendukung pemulihan ekosistem melalui rehabilitasi hutan dan lahan, termasuk reklamasi areal atau lahan bekas tambang.

“Hal ini berkaitan sangat erat dengan langkah-langkah Indonesia dalam merespon kondisi global yang berkaitan dengan sustainability, biodiversity dan sirkuler ekonomi, juga dalam orientasi carbon offset,” tuturnya.

Saat mendampingi kunjungan Menteri LHK, Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah, menyampaikan apresiasi dan dan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan pusat persemaian baru di wilayah Kalsel.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm