FESyar Jawa 2024: Langkah Strategis Kembangkan Ekonomi Keuangan Syariah

5 September 2024 11:56 WIB
FESyar Jawa 2024: Langkah Strategis Kembangkan Ekonomi Keuangan Syariah
FESyar Jawa 2024: Langkah Strategis Kembangkan Ekonomi Keuangan Syariah ( Istimewa)

Sonora.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim (KPw BI Jatim) telah siap menggelar Festival Ekonomi Syariah (FESyar ) Jawa 2024 pada tanggal 13-15 September 2024, di Masjid Al Akbar Surabaya.

FESyar ini sebagai salah satu langkah strategis untuk mendorong ekonomi keuangan syariah.

Kepala BI KPw Jatim Erwin Gunawan Hutapea dalam acara Bincang Bincang Media yang digelar Rabu (4/9) mengatakan ada 3 fokus dalam dalam pengembangan ekonomi di Jawa timur yaitu digitalisasi, pengembangan UMKM dan Ekonomi keuangan  Syariah. 

“Bank Indonesia secara sistematis dan berkelanjutan melakukan upaya upaya pengembangan ekonomi keuangan syariah sepanjang tahun. Sebagai etalase dari seluruh  pengembangan ekonomi syariah adalah Fesyar. Fesyar dilakukan bertahap melalui kabupaten/ kota, propinsi sampai puncaknya dilakukan di Jakarta yaitu ISEF pada bulan Oktober”  ungkap Erwin

Dijelaskan lebih lanjut oleh Erwin, agar pertumbuhan ekonomi syariah maximal, maka perlu didorong dengan pendekatan end to end atau pendekatan holistik yaitu  “ Halal Lifestyle” melalui kuliner, fashion, kosmetik hingga halal tourism.

Bila halal lifestyle yang juga bersifat universal ini tumbuh dan pada skala tertentu sudah tidak dapat dipenuhi dengan modal sendiri maka dibutuhkan layanan keuangan dan perbankan.

Dengan demikian perekonomian syariah dari hulu sampai hilir dapat tumbuh bersama.

Diakui oleh Erwin, banyak tantangan dalam mengembangkan ekonomi keuangan syariah.

“Meskipun Jawa timur dengan penduduknya mayoritas Muslim, pengembangan ekonomi keuangan syariah tidaklah mudah, karena kita  bicara preferensi, lifestyle dan keputusan masyarakat yang sangat rasional” ujarnya.

Festival ini menampilan berbagai kegiatan menarik Seminar, Takshow, Tablig Akbar, Business Matching, Jalan Berkah, Showcasing Produk UMKM dan Pesantren, serta bebagai lomba berbau Islami.

Tokoh  agama Habib Syech Assegaf dan Gus Idham akan turut hadir di Festival ini, serta dimeriahkan juga oleh Grup Band Gigi, Opick serta artis lainnya.

Kegiatan ini ditargetkan bisa menghasilkan transaksi untuk UMKM Showcase sebesar  Rp. 2 Milliar dan dikunjungi 80 ribu orang.

Penulis: Friscilia Listia Dinasti

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Lebih dalam Memahami Peran Bank Indonesia Dalam Memperkuat Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi Jabar

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm