Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik, PPID Pemkab PPU Melaksanakan Uji Konsekuensi Informasi yang Dikecualikan

6 September 2024 11:10 WIB
Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik, PPID Pemkab PPU Melaksanakan Uji Konsekuensi Informasi Yang Dikecualikan
Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik, PPID Pemkab PPU Melaksanakan Uji Konsekuensi Informasi Yang Dikecualikan ( DiskominfoPPU)

Penajam, Sonora.ID - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Publik (PPID) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Melaksanakan Uji Konsekuensi Informasi yang dikecualikan Sebagai Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, di Ruang Rapat Kantor Diskominfo. Kamis (05/09/2024)

Mewakili Kepala Diskominfo PPU, Khairudin, Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo PPU, Roinald Pagayang mengatakan kegitan ini di hadiri dari beberapa SKPD, Kecamatan, Kelurahan serta RSUD yang mengajukan daftar informasi yang dikecualikan (DIK) untuk dilakukan pengujian konsekuensi. 
 
"Pengujian konsekuensi dilakuakn PPID bersama Bagian Hukum Sekretariat Daerah dan dari Akademisi Mangara Maidlando Gultom, SH,M.H. Dosen Program Studi Ilmu Hukum Universitas Balikpapan. "ungkapnya
 
Roinald menyampaikan kegiatan ini didasari Pasal 17 huruf g Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menyatakan bahwa informasi data pegawai yang termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) dikecualikan.
 
"Klasifikasi informasi yang dapat dikecualikan kepada publik dengan sifat ketat dan terbatas. "ucapnya
 
Lanjut Roinald mengatakan namun, sebelum menyatakan suatu informasi Publik sebagai informasi yang dikecualikan, PPID wajib melakukan proses uji Konsekuensi, dengan menyebutkan dasar hukum pengecualian informasi, konsekuensi atau pertimbangan dibuka dan ditutup sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Informasi Republik Indonesia (PERKI) 1 Tahun 2021
 
"Hasil dari pelaksanaan uji konsekuensi informasi tersebut, akan menghasilkan 
daftar klasifikasi informasi yang dikecualikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam paser Utara yang ditetapkan dengan Keputusan Sekretaris Daerah Kabupaten PPU. 
 
Roinald menambahkan, uji konsekuensi informasi akan melibatkan semua organisasi perangkat daerah, kelurahan serta Puskesmas di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU,
 
"Sehingga dapat terjalin koordinasi serta kesepahaman dalam pengelolaan informasi publik secara terpusat antara Dinas Kominfo dengan semua badan publik,”pungkasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Upaya Pertahankan Prestasi Daerah Pemkab PPU Buka Ekspose Adipura

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm