Baru Dilantik, Pemprov Kalsel Bekali Anggota DPRD Kabupaten/Kota

10 September 2024 17:45 WIB
Pembekalan anggota DPRD oleh Pemprov Kalsel
Pembekalan anggota DPRD oleh Pemprov Kalsel ( Fakhrurazi)

Banjarbaru, Sonora.ID – Anggota DPRD Kabupaten/kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang baru dilantik, diingatkan untuk menjaga sinergitas dan harmonisasi bersama pemerintah daerah.

Peringatan itu disampaikan Asisten III Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Ahmad Bagiawan, saat membacakan sambutan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pada pembukaan Orientasi Bagi Anggota DPRD Kabupaten/kota se Kalsel di salah satu hotel berbintang di Banjarbaru, pada Selasa (10/09).

Menurut Gia, iklim politik mungkin saja mempengaruhi dinamika dalam pembangunan yang harus disikapi dengan bijaksana, yakni dengan mengenyampingkan ego sektoral dan tetap fokus pada tujuan pembangunan.

“Setiap bidang pembangunan pasti tidak terlepas dari masalah yang tidak sampai ke telinga pemerintah, tugas anggota dewan yang menjembataninya,” harapnya.

Untuk itu, pelaksanaan orientasi ini dapat menjadi kesempatan untuk membangun sinergi dengan pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan lainnya.

Baca Juga: Selangkah Lagi, Geopark Meratus Bakal Jadi Bagian UNESCO Global Geoparks

“DPRD merupakan unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah yang menjalankan fungsi-fungsi strategis beriringan dengan kepala daerah,” sambungnya.

Lebih jauh Gia menerangkan, sesaat setelah dilantik, anggota DPRD harus mengikuti orientasi terlebih dahulu, sebelum dapat mengikuti kegiatan rutin seorang anggota legislatif, seperti mengikuti perjalanan dinas, dan bimbingan teknis.

“Satu bulan setelah diambil sumpah, anggota DPRD wajib mengikuti orientasi,” beber Gia.

Ia berharap, setelah mengikuti kegiatan orientasi, para peserta diharapkan dapat menunjukkan kompetensi dan profesionalitas dalam bekerja, sehingga siap menjalankan amanah sebagai wakil rakyat selama lima tahun ke depan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm