Gandeng Pemkab Tanah Bumbu, BKKBN Kalsel Luncurkan Pelayanan KB Serentak di Momen Hari Kontrasepsi Sedunia

11 September 2024 19:50 WIB
Layanan KB serentak BKKBN Kalsel di Tanah Bumbu
Layanan KB serentak BKKBN Kalsel di Tanah Bumbu ( Humas BKKBN Kalsel)

Tanah Bumbu, Sonora.ID – Memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 September setiap tahunnya, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu melaksanakan acara peluncuran Pelayanan KB Serentak di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, pada Selasa (10/09).

Peluncuran Pelayanan KB Serentak ini bertepatan dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-31 tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Farah Adibah menyampaikan pentingnya momentum Hari Kontrasepsi Sedunia sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai perencanaan keluarga.

“Perencanaan keluarga yang matang memberi pasangan kesempatan untuk mengembangkan diri dan karir. Selain itu, memilih metode kontrasepsi yang tepat juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan perempuan,” ujarnya.

Farah juga mengapresiasi Kabupaten Tanah Bumbu karena telah berhasil menjaring 4 akseptor MOP (Medis Operatif Pria) pada kesempatan ini.

Baca Juga: Green Seminar 2024: Kalimantan Berperan Penting dalam Ekonomi Hijau

“Ini merupakan capaian luar biasa, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu yang memiliki latar belakang religius. Ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar akan pentingnya program KB, termasuk partisipasi pria dalam perencanaan keluarga,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar dalam sambutannya menegaskan bahwa pemerintah daerah akan selalu mendukung program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting.

“Kami di Pemerintah Tanah Bumbu berkomitmen kuat untuk bersinergi dengan BKKBN dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas. Saya secara pribadi sudah lama terlibat dalam kerja sama dengan BKKBN, bahkan sebelum saya menjabat sebagai bupati, karena latar belakang saya sebagai tenaga medis,” ujar Zairullah.

Ia menambahkan bahwa pembangunan sumber daya manusia di Tanah Bumbu, maupun di Indonesia secara umum, dimulai dari keluarga.

“Keluarga adalah sekolah pertama, tempat pendidikan moral dan kasih sayang. Jika kita ingin mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045, maka kuncinya ada pada sumber daya manusia yang kuat dan berintegritas, dan semua itu bermula dari keluarga,” tegasnya.

Bupati Tanah Bumbu beserta Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan KB Kabupaten Tanah Bumbu turut meninjau langsung pelaksanaan Pelayanan KB di Gedung Mahligai Bersujud.

Dengan pelaksanaan pelayanan KB serentak ini, diharapkan semakin banyak keluarga di Kabupaten Tanah Bumbu yang mendapatkan manfaat dari program KB, sehingga dapat mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, dan berdaya saing.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm