Teks MC Pengajian Maulid Nabi 2024, Lengkap dari Awal hingga Akhir

14 September 2024 12:00 WIB
Teks MC Pengajian Maulid Nabi 2024, Lengkap dari Awal hingga Akhir
Teks MC Pengajian Maulid Nabi 2024, Lengkap dari Awal hingga Akhir ( Pixabay)

Sonora.ID – Simak teks MC pengajian Maulid Nabi 2024 lengkap dari awal hingga akhir.

Dalam acara pengajian biasanya terdapat berbagai runtutan acara.

Nah, agar acara pengajian berjalan lancar maka diperlukan adanya susunana acara yang tertata.

Untuk itu perlu adanya seorang pemandu atau MC agar suatu pengajian bisa berjalan sesuai dengan mestinya.

Jika kamu ditugaskan sebagai MC maka kamu bisa mengikuti beberapa contoh teks MC pengajian Maulid Nabi berikut ini:

Contoh 1

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillaahi robbil 'alamiin, wassolaatu wassalaamu'alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa'ala alihi wa'ashabihi ajma'in, Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba'du.

Yang terhormat ...
Yang kami hormati ...
Yang saya cintai ...
Yang saya banggakan ...

Puji syukur alhamdulillah marilah selalu kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di (...) dalam acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah tanpa halangan apa pun (amin).

Salawat serta salam mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita jalan yang benar dan terhindar dari jalan yang sesat serta gelap gulita. Berkat bimbingan beliau, kita sekarang berada pada jalan yang benar dan diridhai. Aamiin.

Melati kuntum tumbuh melata,

Sayang merbah di pohon cemara; Assalamualaikum mulanya kata, saya (...) pembuka bicara.

Selanjutnya di sini saya (...) sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya sebagai berikut:

Pembukaan
Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an
Sambutan-sambutan
Mauidhoh hasanah
Doa dan penutup
Acara yang pertama yaitu pembukaan.

Marilah acara pada hari ini kita buka dengan membaca "surotul fatehah", ala hadiniyah wa'ala kuliniyatin solihah ilahadrotinnabii, Al Fatihah.

Acara yang kedua ayat suci Al-Qur'an. Kepada saudara/saudari (...), kami persilakan.

Terima kasih kepada (...) semoga yang membaca dan mendengarkan dapat mendapatkan hikmah dari bacaan yang sudah dilantunkan.

Acara yang ketiga yaitu sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama kepada (...).

Terima kasih kami sampaikan.

Dst.

Acara yang keempat yaitu mauidhoh hasanah yang akan disampaikan oleh (...)

Terima kasih kepada (...).

Semoga apa yang telah disampaikan akan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Acara yang kelima yaitu doa dan penutup.

Doa kali ini akan dipimpin oleh (...).

Bunga dedap di atas para

Anak dusun pasang pelita

Kalau tersilap tutur bicara

Jemari disusun maaf dipinta.

Maka dengan ini berakhirlah acara pada hari ini, kami dalam membawakan acara terdapat kesalahan, mohon untuk dimaafkan. Sebelum kita menutup pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW, mari kita akhiri dengan doa kafaratul majlis,

"Subhaanakallaahumma wabihamdika, asyhadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik."

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Baca Juga: Link PDF Teks Khutbah Jumat 13 September 2024: Mencintai Rasulullah SAW

Contoh 2

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi Rabbil alamiin wabihi nasta'inu 'alaa umuriddunya waddin, wassholatu wassalamu 'alaa asrofil anbiyaa'I wal mursalin sayyidana Muhammadin, wa'ala alihi waash habihi ajma'in, amma ba'du

Hadirin semuanya, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas segala karunia-Nya yang tidak terhitung jumlahnya, sehingga kita kini dapat berkumpul dalam perayaan Maulid Nabi ini.

Salawat serta salam semoga selalu dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, nabi akhir zaman yang telah menerangi jalan kegelapan dan membawakan agama Islam yang rahmatan lil a'alamin, semoga syafaatnya sampai kepada kita di akhirat kelak.

Para hadirin yang dirahmati Allah SWT, dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membacakan susunan acara kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad 1445 Hijriah:

Pembukaan
Pembacaan ayat suci Al-Qur'an beserta tilawah
Kata sambutan
Penampilan nasyid/qasidah
Ceramah
Doa
Penutup

Kita masuk acara yang pertama yaitu pembukaan. Supaya mendapat keberkahan, marilah kita buka kegiatan hari ini dengan membaca basmalah.

Acara telah resmi dibuka. Kita beranjak ke acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an beserta tilawah yang akan dibawakan oleh Saudara/i (...).

Shadaqallahuladzim. Semoga kita yang membaca dan mendengarkan lantunan indah Al-Qur'an tadi mendapat dari Allah SWT. Aamiin ya Robbal 'alamiin.

Hadirin yang berbahagia, kita masuki acara yang ketiga yaitu kata sambutan. Adapun kata sambutan pertama akan disampaikan oleh (...).

Kepada yang terhormat (...), dipersilakan.

Kita beranjak menuju kata sambutan sekaligus pembukaan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah oleh (...). Kepada yang terhormat (...) dipersilakan.

Terima kasih kepada (...) yang telah menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan hari ini secara resmi. Baiklah, kita berlanjut menuju acara berikutnya yaitu penampilan nasyid/qasidah. Kepada (...) dipersilakan.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT kita telah sampai di acara inti yaitu ceramah bertema Maulid Nabi. Kepada (...) kami dipersilakan.

Alhamdulillah kita telah sama-sama menyimak ceramah yang sangat bermanfaat demi meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW Kita beranjak menuju acara berikutnya yaitu doa, yang dalam hal ini akan disampaikan oleh (...). Kepada. (...) dipersilakan.

Rangkaian acara kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H sudah kita lalui, dan tibalah kita pada sesi terakhir yaitu penutup.

Marilah kita tutup acara Maulid Nabi ini dengan mengucapkan hamdalah bersama-sama, alhamdulillahirabbil alamin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm