IWEB Gelar Seminar Nasional, Perkuat Konsep Pentahelix dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

14 September 2024 13:05 WIB
ilustrasi pertumbuhan ekonomi.
ilustrasi pertumbuhan ekonomi. ( Kompas.com)

Bandung, Sonora.ID - Sebagai bagian dari salah satu elemen Pentahelix, Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis (IWEB) akan menggelar seminar nasional bertema "Memperkuat Hubungan Pentahelix dalam Mendukung Perekonomian Nasional" pada Selasa 17 September 2024 mulai pukul 12.00 - 17.00 WIB di Granada 2 Ballroom, Holiday Inn Bandung Pasteur, Jalan Dr. Djundjunan 96 Kota Bandung.

Seminar ini menghadirkan 5 (lima) elemen Pentahelix, seperti Pemerintahan - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar) Herman Suryatman, Akademisi - Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran (UNPAD) Dr. Kurniawan Saefullah, Profesional Bisnis - Direktur Utama PT Surya Energi Indotama (PT SEI) I Made Sandika Dwiantara - Praktisi Media Hilman Hidayat, dan mewakili komunitas masyarakat Siti Rahma dari CFA Society.

Saat konferensi pers, Ketua Umum IWEB Yulistyne Kusumaningrum mengatakan, seminar yang digelar nanti merupakan salah satu upaya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah semakin menghangatnya politik global.

"Jadi perlu langkah bersama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, diantaranya kolaborasi pentahelix, seperti unsur akademisi, bisnis (pelaku usaha), community (masyarakat), government (pemerintahan), dan media, atau disingkat ABCGM, pesertanya pun kami undang dari kalangan yang sama," kata Yulistyne di Bandung, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: Rangkaian HJKB 2024, Pemkot Bandung Siapkan Ratusan Tiket Gratis Naik Bandros

"Keterlibatan lima elemen ini sangat penting dalam Pembangunan. Kolaborasi ini bertujuan untuk memadukan berbagai perspektif, sumber daya, dan keahlian guna menciptakan sinergi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan," ungkapnya.

Dituturkan, pada era globalisasi dan digitalisasi ini, hubungan yang kuat antara kelima elemen tersebut menjadi semakin penting untuk menghadapi berbagai tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Kolaborasi Pentahelix, lanjutnya, bisa menjadi pondasi utama dalam mengusung dan memperkuat berbagai upaya pembangunan dalam berbagai sektor termasuk ekonomi dengan identifikasi peran dan kontribusi masing-masing elemen.

"Kami sebagai salah satu bagian dari elemen Pentahelix ingin turut berpartisipasi membangun jaringan dan sinergi antara akademisi, dunia usaha, media, masyarakat, dan pemerintah," jelas Yulistyne.

"Harapan dari seminar nasional ini adalah dapat menghasilkan rekomendasi strategi kolaboratif untuk memperkuat hubungan Pentahelix," imbuhnya.

Selain seminar, lanjut Yulistyne, IWEB juga akan memberikan penghargaan kepada elemen Pentahelix yang dinilai berkontribusi besar dalam mendorong iklim media dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Ada delapan kategori yang akan diberikan penghargaan kepada 16 perusahaan, instansi, lembaga, personal, dan lainnya," pungkasnya.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm