Bersama Menteri Kesehatan RI, Pj Gubernur Bey Machmudin Ajak Warga Jabar Untuk Tingkatkan Kesehatan

14 September 2024 21:11 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai membuka Ayo Sehat Festival 2024 di Halaman Depan Gedung Sate Bandung, Sabtu (14/9/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai membuka Ayo Sehat Festival 2024 di Halaman Depan Gedung Sate Bandung, Sabtu (14/9/2024). ( Dok. Diskominfo Jabar)

Bandung, Sonora.ID  - Kesehatan adalah salah satu pondasi utama dalam mencapai kesejahteraan suatu bangsa. Kesehatan yang terjaga akan menciptakan kesejahteraan dalam jangka panjang.

Masyarakat yang sehat memiliki daya tahan fisik dan mental yang baik, yang memungkinkan mereka untuk bekerja, berinovasi, dan berkontribusi secara optimal bagi pembangunan negara. 

Dengan kesehatan yang baik, kualitas hidup akan meningkat, produktivitas juga meningkat, dan beban ekonomi akibat penyakit menurun. 

Investasi dalam layanan kesehatan sangat penting untuk menciptakan bangsa yang kuat dan berdaya saing di kancah global. 

Usai membuka "Ayo Sehat Festival 2024", Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, menyebut, bahwa kesehatan adalah investasi paling berharga bagi bangsa, jauh melebihi fasilitas kesehatan itu sendiri.

Baca Juga: Pj Walikota: Seluruh Warga Bandung Adalah Pelaku Sejarah yang Akan Sukseskan Pilkada 

“Kesehatan adalah kunci utama kesejahteraan bangsa, dan kita bangga melihat ibu-ibu Posyandu yang pagi ini hadir penuh semangat. Mereka adalah garda terdepan yang memastikan kesehatan masyarakat terus meningkat,” sebut Bey saat sambutan di halaman depan Gedung Sate Bandung, Sabtu (14/9/2024) pagi.

"Saya juga berterimakasih kepada Pak Menteri Kesehatan, Pak Budi Gunadi Sadikin, karena sudah memilih Kota Bandung sebagai tuan rumah festival sehat ini," kata Bey.

Dalam sambutannya pun Bey mengingatkan masyarakat akan pentingnya olahraga dan pemeriksaan kesehatan secara rutin. 

"Pak Menkes selalu mengingatkan, lebih baik mencegah sakit daripada hanya mengandalkan rumah sakit. Jadi, ayo rajin berolahraga dan rutin memeriksa kesehatan di Puskesmas atau Posyandu," ucap Bey.

Sementara itu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan. 

Menkes Budi menguraikan tiga kunci sederhana untuk hidup sehat, yakni makan secukupnya, berolahraga teratur, dan tidur yang cukup. 

“Makan berhenti sebelum kenyang, olahraga 30 menit sehari lima kali seminggu, dan tidur cukup minimal 6 jam. Itu rahasia umur panjang,” ungkapnya. 

Bahkan lebih jauh Budi mengajak masyarakat untuk rutin mengukur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. 

"Jangan lupa, semua pemeriksaan ini bisa dilakukan di Puskesmas dan semuanya gratis. Kesehatan itu mudah dijaga, asal kita rutin memeriksanya," pingkas Budi. 

Diketahui, Ayo Sehat Festival 2024 di Halaman Gedung Sate Bandung, diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diharapkan, kegiatan ini menjadi momentum penting untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan sebagai pondasi kesejahteraan bangsa.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm