IWEB Award, Apresiasi bagi Instansi & Individu yang Berkontribusi pada Pertumbuhan Ekonomi

18 September 2024 12:45 WIB
Salah satu penerima IWEB Award 2024 - Bandung, Selasa (17/9/2024) / Gun
Salah satu penerima IWEB Award 2024 - Bandung, Selasa (17/9/2024) / Gun ( )
 
Bandung, Sonora.ID - Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis (IWEB) menggelar diskusi ekonomi sekaligus IWEB Award di Holiday Inn Bandung Pasteur, Selasa (17/8/2024).
 
Diskusi mengambil tema "Memperkuat Hubungan Pentahelix dalam Mendukung Perekonomian Nasional."
 
Dengan menghadirkan narasumber Sekda Provinsi Jabar Herman Suryatman, Akademisi Unpad Kurniawan Saefullah, Hilman Hidayat dari praktisi media, Imade Sandika Dwiantara dari kalangan profesional bisnis dan Siti Rakhma mewakili komunitas masyarakat.
 
Usai menggelar seminar nasional, IWEB memberikan apresiasi terbaik bagi insan dan instansi bertajuk IWEB Award.
 
 
IWEB Award merupakan bentuk penghargaan para wartawan ekonomi dalam memberikan apresiasi kepada instansi, lembaga, pemerintahan, asosiasi, dan individu yang dinilai telah berkontribusi besar menciptakan hubungan baik dengan media massa. IWEB Award juga bentuk apresiasi atas program dan kebijakan dalam mendorong ekonomi masyarakat. 
 
Penghargaan ini menjadi langkah awal IWEB yang dibentuk pada tanggal 18 Juli tahun 2023 dan telah mendapatkan pengakuan negara sebagai perkumpulan melalui SK Kemneterian Huhum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan No AHU 0005164.AH.01.07.TAHUN 2024.
 
"Penghargaan IWEB Award 2024 dirancang tidak hanya sebagai pengakuan atas pencapaian, tetapi juga mendorong keberlanjutan dalam keterbukaan informasi. Penghargaan ini juga bentuk apresisasi hubungan baik dari media massa yang dalam menyampaikan informasi kepada publik," ucap Ketua Umum IWEB Yuliystine Kasumanigrum.
 
Ketua Umum IWEB Yulistyne Kasumaningrum / Gun
 
"IWEB Award tidak hanya sekadar penghargaan, melainkan juga simbol pengakuan atas pentingnya keterbukaan informasi kepada media massa sebagai kekekuatan keempat," ungkapnya.
 
Diketahui proses seleksi IWEB Award dilakukan melalui  proses panjang, rumit, dan selektif, di mana transparansi dan akuntabilitas adalah fondasi dalam memilih para penerima penghargaan. 
 
Screening terhadap para nominator dilakukan dengan menggunakan sejumlah indikator penilaian yang berbeda. Hasil dari proses ini kemudian dipresentasikan bersama untuk didiskusikan lebih lanjut dan dipertanggungjawabkan secara internal.
 
Untuk memastikan penilaian yang objektif dan independen, IWEB melibatkan dua juri eksternal. Praktisi ekonomi menghadirkan Pengajar Universitas Pasundan Acuviarta Kartabi dan praktisi media dari Kompas TV Abie Besman. 
 
Kehadiran juri eksternal ini bertujuan untuk menjaga proses seleksi tetap berimbang dan menghindari konflik kepentingan yang mungkin timbul. Proses penjurian dengan juri internal diadakan melalui rapat pleno untuk menentukan para pemenang dari masing-masing kategori.
 
"Melalui penghargaan ini, IWEB berharap dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk terlibat aktif dalam pengembangan ekonomi, transparansi informasi, dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat luas," kata Yulistyne.
 
 
Dengan bangga IWEB Award 2024 mememberikan delapan kategori penghargaan yaitu Publikasi Terbaik; Narasumber Pemerintahan Terbaik; Narasumber Perusahaan Terbaik; Pengembangan UMKM Terbaik; Corporate Social Responsibility (CSR) Terbaik; Good Corporate Governance (GCG) Terbaik; dan Keterbukaan Informasi Terbaik; Pengembangan Ekonomi Terbaik.
 
Sekda Jabar Herman Suryatman mengapresiasi IWEB Award. Menurutnya tanggungjawab pembangunan ekonomi tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah namun kolaborasi semua pihak dalam pentahelix.
 
"Atas nama Pak Pj Gubenur saya menerima penghargaan ini. Mari bahu membahu bersama media untuk pembangunan ekonomi Jabar," ujarnya.
 
Pj Bupati Kabupaten Kuningan Iip Hidayat menambahkan tidak ada pekerjaan yang diketjakan hanya oleh satu pihak, kolaborasi jauh lebih baik. " Apresiasi untuk IWEB, luar biasa. Sebab tidak ada kerja sendiri yang ada adalah super team."
 
GM PT PLN UID Jabar Susiana Mutia mengatakan penghargaan dari IWEB sangat spesial karena datang langsung dari dunia jurnalis yang selama ini menjadi mitra strategis PLN
 
"Kolaborasi dengan jurnalis sangat penting. Kami selalu berusaha memberikan informasi secara terbuka sesuai kebutuhan jurnalis dalam menulis beritanya secara berimbang. Terimakasih kepada IWEB, penghargaan ini memicu kami untuk semakin baik lagi kedepannya," ujarnya.
 
Berikut Penerima Penghargaan IWEB Award 2024 :
 
Kategori Publikasi Terbaik:
  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) 
  • PT Surya Energi Indotama
Kategori Narasumber Pemerintahan Terbaik:
  • Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin 
  • Pj Bupati Kuningan Raden Iip Hidayat 
Kategori Narasumber Perusahaan Terbaik: 
  • Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi 
  • Kepala PT Pegadaian Kanwil X Jabar Maryono.
Kategori Keterbukaan Informasi Terbaik: 
  • PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat 
  • PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom)
Kategori Corporate Social Responsibility (CSR) Terbaik:
  • PT Bio Farma
  • Bank BCA
  • PT Pos Indonesia
Kategori Pengembangan UMKM Terbaik:
  • JNE
  • bank BJB
  • Telkomsel
Kategori Good Corporate Governance (GCG) Terbaik:
  • Bank BCA
Kategori Pengembangan Ekonomi Terbaik:
  • Bank Indonesia Jawa Barat. 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm