Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Kalsel Optimalkan Layanan KB MKJP

20 September 2024 13:55 WIB
Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan mengadakan Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Bagi Bidan di Fasilitas Kesehatan (Faskes)
Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan mengadakan Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Bagi Bidan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) ( Fakhrurazi)

Banjar, Sonora.ID – Dalam upaya mendukung peningkatan pelayanan program Keluarga Berencana (KB), Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan mengadakan Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Bagi Bidan di Fasilitas Kesehatan (Faskes), pada Kamis (19/9).

Kegiatan yang berlangsung di Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kecamatan Martapura Barat dan di beberapa titik di Kalimantan Selatan ini, menjadi bagian penting dalam memperkuat kemampuan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kontrasepsi kepada masyarakat, khususnya Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

MKJP memiliki banyak keunggulan dibandingkan metode lainnya, seperti perlindungan jangka panjang yang lebih efektif untuk pasangan usia subur (PUS).

Penggunaan metode ini diharapkan terus meningkat untuk menurunkan angka kehamilan yang tidak direncanakan dan menghindari angka putus pakai, yang sering terjadi pada metode kontrasepsi jangka pendek.

Baca Juga: Gandeng Pemkab Tanah Bumbu, BKKBN Kalsel Luncurkan Pelayanan KB Serentak di Momen Hari Kontrasepsi Sedunia

Dengan efektivitasnya yang tinggi, MKJP juga berperan dalam mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tahun 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para bidan dalam memberikan pelayanan kontrasepsi yang kompeten dan sesuai standar.

Sebagai fasilitator dalam praktek lapangan di Faskes Martapura Barat, Muhammad Robyanoor Ahyadi Radam. Ia menekankan pentingnya penerapan hasil pelatihan dalam praktik sehari-hari.

Diharapkan seluruh bidan yang telah dilatih dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama pelatihan ini, baik melalui kelas daring maupun praktik langsung dengan pasien.

"Tentunya semua peserta sudah terlatih dan praktek ini merupakan penyempurnaan. Pelayanan yang diberikan semakin baik, dan kepercayaan diri bidan dalam memberikan layanan kontrasepsi juga meningkat," ujar Robyanoor.

Baca Juga: Bangun Keluarga Bahagia dan Bebas Stunting, Mahasiswa ULM Dibekali Pengetahuan Sebelum Menikah

Pelayanan kontrasepsi ini sangat membantu masyarakat, terutama karena seluruh layanan yang diberikan bersifat gratis.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan reproduksi di Kalimantan Selatan, khususnya dalam mendukung program KB Nasional.

BKKBN Kalimantan Selatan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan KB dengan melibatkan tenaga kesehatan yang profesional dan berkompeten, demi tercapainya target pembangunan kesehatan nasional dan kesejahteraan masyarakat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm