Ishaq Harap Bendungan Waru Dimaksimalkan untuk Irigasi

20 September 2024 13:35 WIB
Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Dapil Waru-Babulu, Ishaq Rahman
Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Dapil Waru-Babulu, Ishaq Rahman ( )

Penajam, Sonora.ID – Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Dapil Waru-Babulu, Ishaq Rahman meminta agar pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian untuk lebih memaksimalkan Bendungan Waru.

Karena keberadaan Bendungan Waru belum maksimal untuk mensuplai air untuk pengairan khususnya areal persawahan di Kecamatan Waru.

Ishaq menjelaskan, ribuan hektare sawah di empat desa dan kelurahan di Waru belum maksimal khususnya untuk produksi padi.

“Padahal kan potensi produksinya cukup besar kalau bisa panen 2 kali setahun. Bahkan bisa tiga kali setahun kalau irigasi dimaksimalkan,” jelasnya.

Baca Juga: Bijak Minta Pj Bupati PPU Baru Melanjutkan Pentas Seni dan Gebyar UMKM

Untuk saat ini lanjutnya, Bendungan Waru hanya bisa melayani untuk sawah di Desa Bangun Mulya dan sebagian di Kelurahan Waru.

Padahal areal persawahan berada di Desa Bangun Mulya, Kelurahan Waru, Desa Api-Api dan Desa Sesulu hingga dekat pantai.

Ia menjelaskan, kendala utama yang dihadapi bukan hanya karena adanya kerusakan irigasi tersier dan sekunder, namun juga areal persawahan khususnya di Kelurahan Waru lebih tinggi dari jaringan irigasi.

“Sehingga air irigasi itu tidak bisa mengairi sawah petani karena posisinya lebih tinggi,” ujarnya.

Sehingga politisi PDIP ini menyarankan,agar dilakukan pompaisasi untuk mensuplai air ke sawah yang lebih tinggi.

Karena bila pompaisasi ini dilakukan maka ia yakin persawahan di Waru bisa lebih maksimal khususnya produksinya akan meningkat. (Adv/DPRD PPU)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm