Pemkot Bandung Rencanakan Exit Tol 149 Gedebage Dibuka Akhir Desember 2024

22 September 2024 21:25 WIB
Penjabat Walikota Bandung A. Koswara saat di Pendopo Bandung, Minggu (22/9/2024)
Penjabat Walikota Bandung A. Koswara saat di Pendopo Bandung, Minggu (22/9/2024) ( Diskominfo Kota Bandung)
 
Bandung, Sonora.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membuka exit tol 149 Gedebage pada akhir Desember ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di wilayah Bandung bagian timur. 
 
"Dibukanya pintu keluar tol ini diharapkan dapat mengalihkan sebagian besar volume kendaraan yang biasanya menumpuk di jalur utama Kota Bandung, terutama di sekitar kawasan Gedebage dan sekitarnya, ditambah sebentar lagi kita akan masuki puncak musim liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025," ucap Penjabat Walikota Bandung A. Koswara di Pendopo Bandung, Minggu (22/9/2024).
 
Dengan dibukanya exit tol 149 Gedebage, arus lalu lintas menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pusat perbelanjaan Summarecon, Stasiun Kereta Cepat Whoosh Tegalluar, dan kawasan industri di wilayah Gedebage akan menjadi lebih lancar. 
 
"Selain itu, akses ke Tol Cileunyi dan beberapa jalur utama lainnya akan lebih mudah dicapai dari wilayah ini, yang diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh bagi pengendara dari luar kota yang ingin menuju pusat Kota Bandung," kata Koswara.
 
Pemkot Bandung juga menekankan bahwa pembukaan exit tol ini sejalan dengan rencana pengembangan infrastruktur kota yang lebih luas. Dengan adanya akses yang lebih baik, potensi investasi di wilayah Gedebage dan sekitarnya diyakini akan meningkat. 
 
"Hal ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta memberikan dampak positif pada penataan tata kota Bandung, terutama dalam hal mengatasi masalah kepadatan lalu lintas yang selama ini menjadi salah satu tantangan utama di kota ini," ungkap Koswara.
 
"Exit Tol KM 149 Gedebage ini juga bagian penting dari konektivitas di Bandung Timur," imbuhnya.
 
Menurutnya saat ini, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat sedang mempercepat proses perbaikan akses penunjang serta menambah fasilitas pendukung di gerbang tol tersebut.
 
“Kami bekerja sama dengan Kementerian PUPR, Pemprov Jawa Barat, Jasa Marga, dan berbagai pihak terkait untuk memastikan proyek ini selesai tepat waktu. Karena kehadiran Exit Tol 149 Gedebage akan mempercepat mobilitas masyarakat, memperlancar lalu lintas, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Bandung Timur,” ungkapnya lagi.
 
Selain pembukaan Exit Tol 149, Pemkot Bandung juga mendukung penuh pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR), yang telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). 
 
BIUTR sepanjang 27,3 kilometer ini akan menghubungkan Tol Pasteur hingga Cileunyi, melewati sejumlah kawasan padat seperti Jalan PHH Mustofa dan Jalan A.H. Nasution.
 
“Proyek BIUTR akan membawa dampak besar bagi Kota Bandung, terutama dalam mengatasi kemacetan dan memperbaiki aksesibilitas antar daerah. Kami berkomitmen untuk terus mengawal proyek ini hingga selesai, sehingga dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat,” jelas Koswara.
 
Proyek Prioritas Pemerintah Kota Bandung dalam masa jabatannya yang hanya lima bulan, akan difokuskan pada penyelesaian sejumlah proyek infrastruktur prioritas. 
 
Selain Exit Tol KM 149 Gedebage dan BIUTR, Pemkot Bandung juga mendukung pengaktifan kembali Flyover Ciroyom, yang merupakan bagian dari PSN Kementerian Perhubungan.
 
Di samping itu, persiapan pembangunan Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya yang akan dimulai pada 2025 juga menjadi perhatian utama.
 
Koswara mengatakan, inisiatif-inisiatif infrastruktur ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Bandung.
 
Pembukaan Exit Tol KM 149 Gedebage dan proyek BIUTR diharapkan dapat mempercepat akses transportasi, meningkatkan konektivitas antar wilayah, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih merata.
 
“Semua proyek ini adalah bagian dari visi jangka panjang kami untuk menjadikan Bandung sebagai kota modern dan layak huni. Saya berharap, dengan kerja sama lintas instansi yang kuat, kita bisa mewujudkan kota yang lebih baik bagi semua,” kata Koswara.
 
Dengan semangat yang tinggi dari Pemkot Bandung dan dukungan dari berbagai pihak, masyarakat berharap transformasi besar akan segera terwujud, terutama di wilayah Bandung Timur.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Rangkaian HJKB 2024, Pemkot Bandung Siapkan Ratusan Tiket Gratis Naik Bandros

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm