BPJS Kesehatan dan Pemkab Sukoharjo Pastikan Jaminan Kesehatan Terbaik

25 September 2024 11:00 WIB
Kepala Kantor BPJS Kesehatan Surakarta terus berupaya meningkatakan layanan kesehatan melalui sinergi dengan pemerintah daerah dalam optimalakan program JKN
Kepala Kantor BPJS Kesehatan Surakarta terus berupaya meningkatakan layanan kesehatan melalui sinergi dengan pemerintah daerah dalam optimalakan program JKN ( RIA-BPJS Kesehatan Ska)

Sukoharjo, Sonora. ID -BPJS Kesehatan Surakarta terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Bersama pemerintah daerah Sukoharjo melaksanakan Forum Komunikasi Kepentingan Utama Tahap II, yang diadakan di Kabupaten Sukoharjo.

Forum yang bertujuan untuk memperluas cakupan peserta JKN dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan, termasuk penegakan regulasi program JKN. Kegiatan yang melibatkan BPJS Kesehatan Cabang Surakarta dan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Diantaranya Sekretariat Daerah, DPRD, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan berbagai instansi lainya

Kegiatan forum komunikasi ini diadakan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, dan difasilitasi oleh BPJS Kesehatan Cabang Surakarta pada Selasa, 24 September 2024.

Kegiatan ini sangat penting karena bertujuan memperluas cakupan dan memastikan masyarakat Sukoharjo mendapat jaminan kesehatan yang lebih baik.

Sukoharjo telah menerima predikat Universal Health Coverage (UHC) dengan cakupan 98,46 persen, yang merupakan hasil kolaborasi apik antara BPJS Kesehatan dan pemerintah daerah.

Baca Juga: Tagih Gaji 6 Bulan, Buruh PT Kusumahadi Pasang Spanduk Protes di Pagar

Namun, tantangan yang masih dihadapi adalah rendahnya tingkat keaktifan peserta JKN di beberapa segmen, seperti PBPU mandiri.

Untuk mengatasi masalah keaktifan kepesertaan, forum ini menyepakati beberapa langkah. Edukasi kepada peserta PBPU mandiri untuk membayar iuran JKN secara aktif, serta verifikasi dan validasi data oleh Dinas Sosial terhadap peserta non-aktif, adalah beberapa strategi yang diterapkan.

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk CSR dan usaha swasta, juga menjadi bagian penting dalam optimalisasi program JKN melalui inisiatif Srikandi (Sinergi, Rekrutmen, Reaktivasi).

Kepala BPJS Kesehatan cabang Surakarta, Debbie Nianta Musigiasari mengatakan, dengan sinergi berbagai pihak, BPJS Kesehatan berharap cakupan jaminan kesehatan di Kabupaten Sukoharjo terus meningkat dan program JKN berjalan lebih optimal.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Solo-Jogja Ruas Kartasura-Klaten

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm