PDAM Siapkan 5 Juta Liter Air Bersih Perhari Atasi Kekeringan di Makassar

25 September 2024 17:20 WIB
Distribusi air bersih di Kecamatan Tello Makassar
Distribusi air bersih di Kecamatan Tello Makassar ( Dok Pemkot Makassar)

Makassar, Sonora.ID – Krisis air bersih melanda sejumlah kecamatan di Makassar akibat kemarau. Merespon hal itu, PDAM menjalankan program bantuan air bersih kepada masyarakat, khususnya kepada pelanggan yang terdampak kekeringan selama tiga minggu terakhir.

"PDAM akan mendistribusikan sekitar 5 juta liter air bersih ke 30 titik di beberapa kecamatan, termasuk Kecamatan Tallo, Ujung Tanah, dan Kecamatan Wajo,” ujar Dirut PDAM Makassar, Beni Iskandar saat mendampingi Pjs Wali Kota Makassar meninjau penyaluran air bersih di Kecamatan Tallo, Rabu (25/9).

Beni menjelaskan, kekeringan terjadi akibat musim kemarau panjang yang mengakibatkan air baku berkurang lantaran bersumber dari Bendungan Leko Pancing. Kendati demikian, Beni berkomitmen akan terus menyediakan air bersih secara optimal kepada masyarakat.

Sementara, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, menuturkan, penyaluran ini sebagai respons atas laporan masyarakat terkait antrean yang terjadi dalam mendapatkan air bersih. “Ternyata selama ini PDAM sudah menjalankan tugasnya dengan baik, namun kebutuhan masyarakat meningkat, baik dari pelanggan maupun non-pelanggan. Jadi mohon masyarakat untuk bersabar," jelasnya.

Baca Juga: Krisis Air Musim kemarau, HUT HUMAS POLRI Karanganyar Salurkan Bantuan Air bersih.

Arwin mengakui adanya keterbatasan dari PDAM dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Namun, Ia berkomitmen akan berusaha untuk memenuhi sesuai kebutuhan. "Insya Allah, kami akan berkolaborasi bersama PDAM, BPBD, Camat, dan Lurah untuk memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan air bersih. Ini komitmen kami," ucapnya.

Di sisi lain, Arwin juga menekankan perlunya pemahaman masyarakat tentang kondisi air baku saat ini. Ini agar masyarakat lebih bijak menggunakan air bersih.

“Kami harap masyarakat dapat menggunakan air dengan bijak. Untuk kebutuhan cuci-mencuci atau keperluan lain yang tidak mendesak, mungkin bisa menggunakan air tanah,” tutupnya.

Baca Juga: Pjs Wali Kota Makassar Pastikan Gaji dan TPP ASN Dibayar Awal Oktober

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm