Pj Gubernur Elen Setiadi Dukung Penuh Penunjukan Sumsel Menjadi Pusat Pelatihan Pendidikan Wartawan Tingkat Nasional 

27 September 2024 21:10 WIB
Audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel di Ruang Tamu Gubernur, Jumat (27/9/2024) pagi.
Audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel di Ruang Tamu Gubernur, Jumat (27/9/2024) pagi. ( Humas Pemprov Sumsel)

Palembang, Sonora.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, SH. M.S.E, mendukung penuh dipilihnya Sumsel sebagai salah satu Pusat Pelatihan Pendidikan Wartawan Tingkat Nasional. Dukungan itu disampaikannya saat menerima audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel di Ruang Tamu Gubernur, Jumat (27/9/2024) pagi. 

"Pada prinsipnya Pemprov Sumsel mendukung penunjukan itu (penunjukan sebagai pusat pelatihan pendidikan wartawan) poin pentingnya itu. Semoga ini nanti berdampak positif bagi peningkatan kualitas teman-teman pers," ujar Pj Gubernur Elen. 

Dalam kesempatan itu, Elen juga memberikan dukungannya atas rencana PWI Sumsel menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) pada tahun 2027 mendatang. 

Menurutnya dengan fasilitas olahraga yang lengkap di Sumsel akan sangat memudahkan Sumsel menjadi tuan rumah Porwanas. Terlebih venue-venue pendukung berada di satu lokasi yang sangat baik yakni di komplek Jakabaring Sport City (JSC). 

Pada kesempatan itu, Ia juga mengajak pengurus PWI Sumsel untuk menciptakan suasana yang kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada November mendatang. 

"Suasana Pilkada saat ini mulai hangat di beberapa daerah. Dukungan PWI untuk menjaga suasana Pilkada damai ini kita perlukan. Termasuk juga menangkal hoax," jelasnya. 

Baca Juga: Peluncuran Aplikasi Srikandi Versi 3 untuk Tingkat Desa/Kelurahan

Sementara itu Wakil Ketua PWI Provinsi Sumsel Bidang Hubungan Antar Lembaga, Anwar S.Y. Rasuan mengatakan penunjukan Sumsel sebagai salah satu Pusat Pelatihan Pendidikan Wartawan tak lepas dari adanya Piagam Palembang yang ditandatangani pada tahun 2010 silam. 

Piagam Palembang ini bertujuan untuk memberikan standar kualitas pers dari sisi pemberitaan, SDM serta perusahaan menjadi lebih baik. 

"Rencana PWI pusat menunjuk Sumsel sebagai Pusat Pelatihan Pendidikan Wartawan Nasional ini menjadi prestasi tersendiri untuk Sumsel.  Karena di Indonesia baru ada dua, satu di Yogyakarta dan di Sumsel," jelas Anwar. 

Selain melaporkan rencana tersebut, dalam audiensi itu, Pengurus PWI Sumsel juga melaporkan hasil keikutsertaan PWI Sumsel pada ajang Porwanas di Kalimantan Timur beberapa waktu lalu. Dimana Sumsel masuk peringkat 10 besar secara nasional bahkan menjadi terbaik kedua untuk wilayah Sumatera. 

"Selain dua hal diatas kami juga mengharapkan dukungan Pemprov Sumsel agar Sumsel menjadi tuan rumah Porwanas berikutnya pada tahun 2027 mendatang. Kita masih punya waktu panjang sekitar 3 tahun lagi," jelasnya. 

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut pengurus PWI juga mengajukan usulan mengenai gedung PWI yang baru ke Pemprov Sumsel karena gedung lama PWI saat ini dinilai sudah tidak lagi representatif. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah Jurnalis Sumsel Hadi Prayogo, Wakil Ketua PWI Sumsel Bidang Organisasi, Ichan Joe, 
Wakil Ketua PWI Sumsel Bidang Kesejahteraan Afdal Azmi Jambak, Ketua Bidang Siwo, Dante dan Bendahara PWI Sumsel Saftarina.

Penulis : Dina
 

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm