Jurnalis Radio Sonora Raih Juara 1 Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari (AJSB) 2024

27 September 2024 21:25 WIB
BIRO HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KERJA SAMA LUAR NEGERI
BIRO HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KERJA SAMA LUAR NEGERI ( )
 
Sonora.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengumumkan para pemenang lomba Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari (AJSB) 2024.
 
Pengumuman para pemenang disaksikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pada acara Puncak AJSB 2024 di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Jumat (27/9/2024).
 
"Kepada para pemenang AJSB tahun ini saya ucapkan selamat, dan terima kasih sudah mengulas banyak hal tentang sektor kelautan dan perikanan, terutama program ekonomi biru," ujar Menteri Trenggono dalam siaran pers yang diterima Sonora. 
 
Mengangkat tema 25 Tahun Transformasi Kelautan dan Perikanan, AJSB 2024 diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah Indonesia. Kategori lomba mencakup karya tulis media cetak, media online, foto jurnalistik, liputan televisi, dan liputan radio. Serta kategori media sosial untuk masyarakat umum, dan kategori video dokumenter untuk internal KKP. 
 
Para pemenang juara I AJSB 2024 berasal dari Harian Kompas (karya tulis media cetak), LKBN Antara (media online), Inilah Jateng (foto jurnalistik), Kompas TV (liputan TV), dan Radio Sonara (liputan radio). Sedangkan media sosial dimenangkan oleh Muhammad Faisal Asnawi dari Madiun, serta Ditjen Perikanan Budi Daya untuk kategori video dokumenter internal. 
 
Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Tugas Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto Darwin mengungkapkan tingginya animo para jurnalis mengikuti AJSB sejak pertama kali digelar pada tahun 2021 lalu. Setiap tahunnya ada ratusan karya yang dikirimkan para jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.
 
“Dari tahun ke tahun, kami berusaha meningkatkan kualitas AJSB dari sisi pelaksanaan hingga cakupan kategori lomba. Tahun ini, kami menambah kategori radio. Untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman jurnalis dari seluruh Indonesia yang sudah mengirimkan karya,” ujar Doni.
 
 
Dia menceritakan, proses penjurian pun berjalan alot sebab karya-karya yang masuk anglenya beragam dan cara penyajiannya pun berkualitas. Para juri terdiri dari jurnalis senior yang selama ini bekerja di media cetak, online, televisi, serta kalangan profesional.
 
Doni menambahkan, penyelenggaran AJSB sendiri merupakan arahan langsung Menteri Trenggono sebagai wujud sinergi dan keterbukaan KKP terhadap media dalam membangun sektor kelautan dan perikanan. 
 
“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada juri, yang sudah menilai secara profesional karya-karya yang masuk. Kepada para pemenang, saya mengucapkan selamat, dan terus berkarya,” ujar Doni yang juga sebagai Ketua Pantia AJSB 2024.
 
Selain para pemenang AJSB 2024, KKP juga mengumumkan juara-juara lomba peringatan HUT ke-79 RI yang menjadi rangkaian kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan untuk memperingati HUT ke-25 tahun KKP. Tahun ini, Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) keluar sebagai juara umum dan berhak atas Piala Bergilir Menteri Kelautan dan Perikanan. 
 
Terdapat belasan kategori perlombaan yang digelar sejak pertengahan Agustus sampai pertengahan September 2024. Kegiatan ini untuk memupuk jiwa korsa dan soliditas di internal KKP, serta meningkatkan kinerja, inovasi dan kreativitas para pegawai.
 
“AJSB, kemeriahan HUT RI, dan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan adalah legacy baik dari Pak Menteri Trenggono, yang bisa terus dilanjutkan karena terbukti bisa meningkatkan soliditas antara birokrasi dengan masyarakat kelautan dan perikanan,” urai Doni.
 
Berikut list para pemenang AJSB 2024:
 
Liputan Radio
1. Saortua Marbun (Radio Sonara): 
25 Tahun KKP
2. Ustad Mukorobin (RRI Purwokerto): Melestarikan Mangrove untuk Masa Depan Mantan TKI Ilegal
3. Anik Mukholatin (RRI Surabaya): Rakernis KKP 2024
 
 
Media Cetak
1. Abdullah Fikri Ashri (Harian Kompas): Kisah Bandeng Ambulu Cirebon Bertahan Di Tengah Perubahan Iklim
2. Erianto (Cenderawasih Pos): Me'i dan Me'la Kini Jarang Menampakkan Diri Usai Sering Diburu
3. Fabio Maria Lopes Costa (Harian Kompas): ”Mooring Buoy” Jaga Piring Raja Ampat
 
Media Online
1. Sinta Ambarwati (LKBN Antara): Mengolah lahan mangkrak jadi tambak nila salin ramah lingkungan
2. Arief Rahman Hakim (Liputan6): Menangkap Cuan dari Jelajah Ikan Tuna: Indonesia Berdaya, Nelayan Sejahtera
3. Martyasari Rizky (CNBC Indonesia): Tahun Perak Ekonomi Biru Menuju Indonesia Emas
 
 
Foto Jurnalistik
1. Gholib (inilahjateng): Pesta Tangkap Ikan di Kolam PLTA Timo Tuntang
2. Fitra Yogi (Antara Foto): Pencegahan Sampah Mengalir ke Laut
3. Andreas Fitri Atmoko (Antara Foto): Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Bunaken
 
 
Liputan Televisi
1. Muhamad Faisal Al'ansori (Kompas TV): Laut Bukan Tong Sampah
2. Satriyo Adi Wicaksono (CNN Indonesia): Teknologi untuk Pantau Kelestarian Sidat di Alam
3. Alfania Risky Octavia (Kompas TV): Detik-detik Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam Tertangkap di Perairan Natuna Utara
 
 
Media Sosial
1. Muhammad Faisal Asnawi (Madiun): Perikanan Tangkap Berkelanjutan untuk Indonesia Sejahtera
2. Aurenchia Du'Pasquita (Badung): Penuhi Nutrisi Gak Pake Mahal Lagi
3. Mohammad Hamka Alfath (Tegal): HAMKA
 
 
Video Dokumenter Internal KKP
1. Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya: Jurus Cuan Milenial Pantura
2. Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan: Polsus PWP3K
3. Direktorat Jenderal Pemasaran Daya Saing Kelautan dan Perikanan: Teri, Emas Kecil dari Pasaran. 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm