Atasi Stunting dan Sosialisasi Gemarikan: Dinas Perikanan PPU Salurkan Bantuan Kepada Anak-Anak

29 September 2024 10:50 WIB
penyerahan bantuan kepada warga oleh Dinas Perikanan PPU
penyerahan bantuan kepada warga oleh Dinas Perikanan PPU ( Dinas perikanan PPU )

Penajam, Sonora.ID – Sebanyak 250 unit bantuan diberikan kepada yang membutuhkan di Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mengatasi stunting atau tengkes. Bantuan tersebut diberikan oleh Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), sekaligus upaya dinas ini dalam melakukan sosialisasi dan edukasi Gemar Makan Ikan (Gemarikan) secara berkesinambungan.

Kepala Bidang (Kabid) Penguatan Daya Saing, Diskan PPU – Amirullah Kamis 26 September 2024 mengaku, selama ini pihaknya dilibatkan untuk mengintervensi stunting atau tengkes di berbagai wilayah Kabupaten PPU dengan memberikan bantuan kepada anak-anak yang membutuhkan. Meski bantuannya tidak besar, namun cukup untuk memenuhi kadar gizi dan protein yang dibutuhkan untuk masa tumbuh kembang anak. 

Adapun bantuan yang diberikan berupa produk hasil olahan pangan khususnya berbahan baku ikan, yang diproduksi oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Diskan PPU. Bantuan ini cukup berbeda dari program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang gencar dilaksanakan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) maupun kader posyandu.

Diakuinya lagi, masih ada 200 unit bantuan lagi yang akan disalurkan dalam waktu dekat. Khususnya untuk tiga kecamatan yang tersebar di PPU yaitu Kecamatan Penajam, Babulu dan Sepaku. 

Kepala Bidang (Kabid) Penguatan Daya Saing, Diskan PPU – Amirullah

Menurutnya, program ini efektif untuk menjadi sarana sosialisasi dan edukasi kepada anak, agar menyukai produk-produk dari bahan baku ikan yang mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh anak. 

Dijelaskannya, ikan mengandung protein yang berkualitas tinggi dan baik untuk pertumbuhan anak. Memgandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata, kulit, dan jaringan tubuh, serta mengandung vitamin B6 dan B12 yang membantu metabolisme lemak dan asam amino, serta mencegah anemia dan kerusakan saraf.

Selain itu ikan mengandung vitamin D untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf, serta mengandung kalsium dan fosfor, mineral ini baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang anak.

Amirullah menyebut ada banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk sosialisasi Gemarikan, dibantu berbagai instansi dan lembaga pemerintah, baik dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pusat, termasuk Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) yang beberapa waktu lalu dilaksanakan oleh TP PKK. Itu juga bagian dari sosialisasi Gemar Makan Ikan. (Adv)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm