7 Contoh Pidato Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Singkat dan Bermakna

30 September 2024 09:25 WIB
Ilustrasi 7 Contoh Pidato Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Singkat dan Bermakna
Ilustrasi 7 Contoh Pidato Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Singkat dan Bermakna ( )

Sonora.ID – Berikut beberapa contoh pidato upacara Hari Kesaktian Pancasila, singkat dan bermakna yang dapat dijadikan inspirasi bagi yang membutuhkan.

Setiap tahunnya, Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober.

Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila diperingati besok, Selasa 1 Oktober 2024.

Hari bersejarah ini sendri diperingati dengan tujuan untuk menjaga dan mempertahankan nilai-nilai yang menjadi landasan negara Indonesia.

Tema Hari Kesaktian Pancasila 2024 adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Baca Juga: 20 Banner dan Spanduk Hari Kesaktian Pancasila, Keren dan Kreatif

Adapun dalam rangka perayaannya, setiap tahun seluruh masyarakat Indonesia akan melakukan upacara bendera yang di dalamnya terdapat amanat upacara Hari Kesaktian Pancasila yang disampaikan oleh pembina upacara.

Dalam menyusun amanat upacara Hari Kesaktian Pancasila, Anda akan membutuhkan referensi yang tepat.

Berikut 7 pidato upacara Hari Kesaktian Pancasila, singkat dan bermakna yang sudah Sonora.ID rangkum untukmu.

1. Contoh Amanat Hari Kesaktian Pancasila

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua! Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami berkumpul di sini untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara bagi Indonesia yang kita cintai.

Saya ingin menyampaikan amanat upacara hari ini dengan harapan bahwa semangat Pancasila akan terus membara dalam diri kita semua.

Pancasila, sebagai dasar negara Indonesia memiliki lima sila yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, mengajarkan kita untuk selalu mengakui kebesaran Tuhan dalam segala aspek kehidupan.

Kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, mengingatkan kita untuk memperlakukan sesama manusia dengan adil dan menghormati martabat setiap individu.

Ketiga, Persatuan Indonesia, mendorong kita untuk membangun kesatuan dan persatuan di tengah keragaman yang ada.

Keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, mengajarkan kita untuk menghargai demokrasi dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

Dan yang kelima, Keadilan sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, menekankan pentingnya distribusi keadilan dan kesempatan yang merata untuk semua warga negara.

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kita diingatkan akan pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kita harus menjadi contoh yang baik dalam menjunjung tinggi keadilan, persatuan, dan toleransi. Di era modern ini, tantangan yang kita hadapi semakin kompleks.

Namun, dengan berpegang pada nilai-nilai Pancasila, saya yakin kita akan mampu menghadapinya. Para generasi muda, kalian adalah harapan masa depan bangsa ini.

Saya mengajak kalian semua untuk terus belajar dan memahami Pancasila secara mendalam.

Jadilah pemuda dan pemudi yang cinta tanah air, berdedikasi untuk kemajuan negeri ini, dan siap berperan aktif dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm