29 Titik Penilaian Piala Adipura Telah Dinilai Tim KLHK

1 Oktober 2024 12:22 WIB
( )

Penajam Paser Utara, Sonora.ID – Dinas Lingkungan Hidul (DLH) Penajam Paser Utara (PPU) optimistis mampu mempertahankan Piala Adipura kategori Kota Kecil.

Sekretaris DLH PPU, Syamsiah menjelaskan, beberapa waktu lalu tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah turun ke lapangan untuk menilai 29 titik pantau dalam penilaian Piala Adipura.
 
Titik pantau yakni mulai dari Pelabuhan Speedboat dan klotok, kemudian terminal Penajam, Pasar Induk Nenang, Puskesmas Penajam hingga ruang terbuka hijau.

Selain itu, juga tiga perkantoran menjadi penilaian yakni Kantor DLH, Dinas Kesehatan dan Kantor Sekretariat Daerah.

“Kami harapkan nanti bisa meraih kembali Piala Adipura sebagai kota kecil. Kalau kami berhasil meraih ini maka ini penghargaan ke 8 yang kami raih,” jelasnya.
 

Syamsiah mengatakan bahwa Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah juga wajib masuk dalam penilaian.

Bila tidak memiliki TPA lanjutnya, maka tidak bisa masuk dalam penilaian adipura.
“TPA itu wajib dimiliki setiap daerah bila ingin masuk dalam penilaian Adipurna. Itu wajib harus ada,” katanya.

Namun untuk penilaian tahun ini lanjutnya, RTH yang tahun lalu tidak masuk dalam penilaian tahun ini sudah masuk salah satu wajib dinilai dan dimiliki untuk mendapatkan piala tersebut.

Mengenai hasil penilaian, ia mengatakan sangat optimistis PPU akan mempertahankan Piala Adipura karena dari tim menyampaikan mereka cukup puas dengan hasil pantau dan menilaian mereka.
 
Sementara untuk hasil, ia mengatakan akan disampaikan pada Februari tahun 2025 mendatang melalui acara Hari Pengolahan Sampah Nasional (HPSN).

“Insya Allah kalau PPU dapat Piala Adipura akan diserahkan saat HPSN bulan Februari tahun depan,” katanya.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm