Pemkab PPU Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Ke-59 Berlangsung Khidmat Dan Lancar

1 Oktober 2024 21:30 WIB
( )

Penajam Paser Utara, Sonora.ID - Pemerintah kabupaten penajam paser utara (PPU) Menggelar upacara dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila Ke-59 berlangsung khidmat dan lancar
 
Kegiatan tersebut diselenggarakan di halaman kantor bupati PPU, mengangkat tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”. Selasa (01/10/2024) 
 
Bertindak selaku inspektur upacara Sekda PPU, Tohar, selaku komandan upacara, Letnan I Infanteri, Agus Rianto dan selaku pembaca ikrar kesaktian pancasila, Ketua DPRD PPU, Rauf Muin
 
Saat ditemui seusai kegiatan Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, tohar mengatakan momen peringatan hari kesaktian Pancasila merupakan momen kilas balik untuk memperingati sejarah bagaimana  filsafat negara Indonesia yaitu Pancasila dapat menjadi pemersatu bangsa.
 
 

“Betapa ampuhnya Pancasila mempersatukan, andaikan kita tidak punya filosofi yang kita anut seperti Pancasila, negara ini akan terpecah belah sebab negara Republik Indonesia (RI) merupakan kepulauan, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia, semuanya kiblatnya kan Pancasila,”ucapnya.
 
Lanjut Tohar menyampaikan, melalui Ikrar Kesaktian Pancasila yang dibacakan oleh Ketua DPRD PPU Raup Muin pada saat upacara berlangsung, itulah salah satu cara untuk mempertahankan eksistensi negara Indonesia.
 
“Bahwa lima dari sila yang ada di Pancasila itulah dasar yang bersifat fundamental sekali, kemudian nilai-nilanya itu tetap eksis sampai sekarang, itu yang harus kita ingat,”tutupnya
 
Kegiatan tersebut turut dihadiri Anggota DPRD PPU Para Asisten dan para pejabat dilingkungan Pemkab PPU, Unsur Forum Koordinasi dan Perangkat Daerah (Forkopimda) PPU, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama serta para peserta upacara yang hadir.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm