SMPN 3 Malang Terima Kunjungan SMPN Sijunjung Untuk Pelajari Penerapan Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Karakter

2 Oktober 2024 13:14 WIB
( )

Malang, Sonora.ID – SMPN 3 Kota Malang menerima kunjungan dari rombongan SMPN Sijunjung, Sumatera Barat, 1 Oktober kemarin.

Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari studi banding dalam rangka mempelajari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Pendidikan Karakter yang telah diterapkan di SMPN 3 Malang.

Kehadiran SMPN Sijunjung disambut baik oleh Dra. Mutmainah, Kepala SMPN 3 Kota Malang, dan Ketua MKKS SMP Negeri Kota Malang, untuk belajar tentang bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka yang sudah berjalan di SMPN 3 Malang selama tiga tahun terakhir.

“Rombongan dari Sijunjung sangat lengkap, ada Kabid SMP, Kasie Sarpras, koordinator pengawas, serta wakil-wakil kepala sekolah dari lebih dari 30 SMP di Sijunjung,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa rombongan ini sangat tertarik untuk memahami penerapan kurikulum yang berfokus pada pendidikan karakter.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85, tentang Potensi Sumber Daya Alam

Kunjungan yang dilaksanakan pada 1 Oktober 2024 lalu dilakukan untuk memperdalam pemahaman rombongan SMPN Sijunjung mengenai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diterapkan dalam kurikulum.

Proyek ini dirancang untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta mengatasi tantangan modern seperti digitalisasi dan perubahan budaya yang terjadi, terutama pasca pandemi Covid-19.

“P5 yang diterapkan di SMPN 3 Malang berfokus pada masalah aktual di sekolah, seperti pentingnya pemahaman terkait Undang-Undang ITE yang diambil sebagai tema pertama dalam P5,” jelas Dra. Mutmainah.

Selain mempelajari proyek P5, rombongan dari Sijunjung juga tertarik dengan prinsip yang diterapkan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

“Prinsip yang kami lakukan di sini sederhana, tidak ada yang salah, yang salah itu kalau kita tidak mengerjakan. Jadi semangat kami adalah belajar bersama, saling meningkatkan kompetensi,” kata Dra. Mutmainah.

Halaman Berikutnya
Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm