Ini Penyebab Alih Fungsi Lahan Pertanian versi Anggota DPRD PPU Sujiati

3 Oktober 2024 13:20 WIB
( )

Penajam Paser Utara, Sonora.ID - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Sujiati menilai permasalahan lahan pertanian di PPU begitu komplet, sehingga harus dipikirkan bersama.
 
Terutama persoalan alih fungsi lahan pertanian menjadi perkebunan,
Bagi dia, pemerintah tidak bisa memaksakan masyarakat untuk tetap fokus dengan pertaniannya jika fasilitas utama seperti air tidak tersedia.
 
Sehingga, tidak heran jika banyak masyarakat yang memilih mengalihfungsikan lahan pertaniannya untuk hal lain.
 
"Kita mau menegakkan aturan, kondisi masyarakat kita enggak memungkinkan karena memang kondisi sawahnya enggak bisa ditanamin padi. Otomatis kita enggak bisa terlalu keras dengan masyarakat kita, mereka juga butuh makan," ujarnya.
 
Politisi Partai Gerindra ini mengaku sudah sering kali menyuarakan hal ini kepada pemerintah daerah.
 
Baca Juga: Arti Kata Girl Logic dalam Bahasa Gaul yang Viral di TikTok

"Sudah berkali-kali disampaikan, jika irigasi pengairan itu lancar, saya bilang dengan sendirinya akan berhenti itu alih fungsi lahan," katanya.

Menurut Sujiati, laporan yang ia terima ada sekitar 60 hektare lebih lahan pertanian masyarakat yang telah beralih fungsi.
 
"Itu sudah dari lama posisi sawahnya memang enggak bisa diairi, enggak ada airnya," cetusnya.
 
Karena itu, dia berharap pemerintah daerah bisa fokus untuk mengatasi akar masalah dari massifnya alih fungsi lahan pertanian di PPU. 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm