Infrastruktur Transportasi Maju Harus Miliki SDM Profesional Dan Unggul

3 Oktober 2024 15:31 WIB
Menteri Budi KS saat menjadi pembicara secara daring pada seminar nasional di Jatinangor Sumedang, Kamis (3/10/2024)/ Gun
Menteri Budi KS saat menjadi pembicara secara daring pada seminar nasional di Jatinangor Sumedang, Kamis (3/10/2024)/ Gun ( )

Jatinangor, Sonora.ID - Dalam sebuah seminar nasional dan talkshow bertajuk "Harmoni Pembangunan SDM Transportasi Menuju Talenta Unggul", di Kampus UNPAD Jatinangor Kabupaten Sumedang, Kamis (3/10/2024), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, infrastruktur transportasi merupakan salah satu faktor terpenting dalam upaya menggerakkan perekonomian. 
 
"Infrastruktur transportasi tidak dapat memberikan manfaat yang optimal jika sumber daya manusia (SDM) transportasi tidak memiliki profesionalitas dan kompetensi yang memadai," kata Menteri Budi KS yang menjadi narasumber secara daring.
 
Menteri Budi KS menambahkan, salah satu syarat sebuah pembangunan infrastruktur transportasi yang maju adalah yang dikelola oleh sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan unggul.
 
"Ini sangat tergantung kepada SDM yang berkualitas," tegasnya. 
 
Baca Juga: Wakafkan Lahan, Bastian Lubis Tantang Yayasan Al Azhar Makassar Cetak SDM Unggul Islami

Menteri Budi KS menambahkan, pencapaian besar yang signifikan dalam pembangunan infrastruktur transportasi, adalah pembangunan secara fisik dan transformasi digital, sehingga meningkatkan konektifitas dan aktifitas antar pulau di Indonesia.

"Selama 10 tahun, Kementrian Perhubungan sudah memperkuat pondasi perekonomian Indonesia," ungkap Menteri Budi KS.
 
"Infrastruktur dan transportasi menjadi fokus pembangunan karena sudah menjadi pilar ketiga visi Indonesia emas 2045," ucapnya.
 
Lebih lanjut dikemukakan, manfaat pembangunan infrastruktur transportasi tidak saja memberikan manfaat jangka pendek bagi masyarakat, tetapi akan memberikan manfaat jangka panjang yang dapat berkontribusi secara signifikan bagi pembangunan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang.
 
Sementara itu Direktur Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran (UNPAD) Ike Marieta mengatakan, dengan perkembangan teknologi, transformasi digital saat ini dan juga persaingan global, dibutuhkan SDM yang profesional dan unggul di bidang transportasi.
 
 
"Universitas Padjadjaran sebagai mitra strategis kementrian perhubungan dalam pendidikan termasuk pengembangan SDM di bidang transportasi," kata Ike.
 
Ike juga menyebut, seminar dan talkshow ini merupakan upaya penting untuk membahas serta memberi masukan bagi pembangunan SDM di bidang transportasi, dalam mendukung visi Indonesia emas 2045 nanti.
 
Ike menambahkan, UNPAD yang mempunyai pengalaman dalam pengembangan SDM, dapat memberikan kontribusinya agar SDM di bidang transportasi dapat unggul.
 
"Diharapkan ke depannya kita dapat bekerja sama yang lebih dari ini," pungkasnya.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm