Pj Gubernur Elen Setiadi Dukung Pengembangan Potensi Pariwisata Kota Palembang

5 Oktober 2024 14:25 WIB
Elen Setiade kunjungan dan silaturahmi dengan Pj Walikota Palembang, Ucok Abdul Rauf bertempat di kantor Walikota Kota Palembang, Jumat (4/10/2024).
Elen Setiade kunjungan dan silaturahmi dengan Pj Walikota Palembang, Ucok Abdul Rauf bertempat di kantor Walikota Kota Palembang, Jumat (4/10/2024). ( Humas Pemprov Sumsel)

Palembang, Sonora.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, S.H., M.S.E., melakukan kunjungan dan silaturahmi dengan Pj Walikota Palembang, Dr. Ucok Abdul Rauf Damenta, S.Sos., bertempat di kantor Walikota Jalan Merdeka No.1, 22 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Jumat (4/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Elen Setiadi berkesempatan melihat dari dekat sejumlah ruangan dan bangunan Kantor Walikota Palembang yang dulunya merupakan kantor ledeng atau menara air yang dibangun pada zaman kolonial Belanda.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya juga berdiskusi berbagai hal, di antaranya terkait perkembangan potensi dunia pariwisata serta peluang investasi di Kota Palembang.

Elen mengatakan, untuk meningkatkan potensi wisata di Sumsel, dibutuhkan kerja sama dan kekompakan semua pihak, termasuk harus memahami ekosistem wisata yang dimiliki oleh masing-masing daerah.

“Bicara tentang pariwisata, ada banyak sekali yang harus kita pelajari, karena secara umum, wisata ini di mana pun ekosistemnya harus dibangun. Untuk membangun itu, harus ada ikon yang ditonjolkan sebagai daya tarik wisatawan,” kata Elen.

Baca Juga: Pj Gubernur Elen Setiadi Hadiri Rakor Tim Nasional Organisation For Economic Co-operation and Development Sekaligus Peluncuran Portal OECD

Ia menambahkan, selain ekosistem, infrastruktur juga berperan penting dalam pengembangan dunia pariwisata. Khusus untuk Kota Palembang, dia mengaku optimistis kota ini tidak hanya mengandalkan wisata kulinernya, tetapi juga objek wisata lainnya.

“Perkembangan wisata di Palembang cukup baik, terutama wisata kulinernya yang sangat dikenal. Namun, kita juga harus membuat sesuatu hal yang baru. Kita ini punya keunggulan, ekosistem lainnya dapat digali, didukung juga dengan infrastruktur yang baik,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Sumsel, lanjut Elen, akan mendukung semua rancangan pengembangan wisata yang akan dirancang oleh Pemerintah Kota Palembang maupun yang ada di kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

“Pemprov akan mendukung. Ini juga menjadi masukan dan saran dari kami. Para ahli yang kita hadirkan adalah orang yang berpengalaman,” tandasnya.

Sementara itu, Pj Walikota Palembang, A. Damenta, mengatakan pihaknya akan melakukan studi tiru potensi wisata di sungai Thailand untuk membuat Sungai Musi menjadi tempat wisata perairan di Kota Palembang.

“Izin, Pak Gubernur, kami berencana akan menghidupkan kembali destinasi perairan di Sungai Musi dengan melakukan studi tiru potensi di Thailand,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, A. Damenta juga berharap Pemprov Sumsel bisa membantu rencana Pemkot Palembang dalam mengembangkan dunia pariwisata.

“Kami meminta bantuan Pak Gubernur untuk memajukan wisata di Kota Palembang,” harapnya.

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm