HUT Ke-79 TNI, Pindad Pamerkan Sejumlah Alpalhankam seperti Senjata, Ranpur, Rantis & Ranops

6 Oktober 2024 12:09 WIB
Saat pemeriksaan pasukan oleh Presiden Joko Widodo dan defile di perayaan HUT Ke 79 TNI di Silang Monas Jakarta, Sabtu (5/10/2024).
Saat pemeriksaan pasukan oleh Presiden Joko Widodo dan defile di perayaan HUT Ke 79 TNI di Silang Monas Jakarta, Sabtu (5/10/2024). ( Dok. Humas Pindad)

Jakarta, Sonora.ID - Sejumlah alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) produksi PT Pindad dipamerkan pada puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Silang Monas Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

Terlihat ratusan Kendaraan Tempur (Ranpur), Kendaraan Taktis (Rantis), Kendaraan Operasional (Ranops) dan senjata buatan Pindad ikut serta dalam defile dan demonstrasi alpalhankam.

Dikutip dari siaran pers PT Pindad, diinformasikan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir sebagai pemimpin upacara. Selain itu, juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Kasau Marsekal Mohamad Tonny Harjono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Serta hadir pula sejumlan Menteri kabinet, jajaran Direksi dan Komisaris PT Pindad, perwira tinggi TNI dan pejabat lainnya.

Saat pemeriksaan pasukan, Presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Danjen Kopasus Mayjen TNI Djon Afriandi selaku komandan upacara, menaiki ranops Maung MV3.

Dalam upacara HUT Ke-79 TNI ini ditampilkan 1.059 alpalhankam unggulan yang berasal dari tiga matra (AD, AL, AU).

Dalam defile, alpalhankam buatan Pindad turut serta, seperti Medium Tank Harimau, Pandur 8x8, Anoa dan Komodo. Selain itu ada 250 unit ranops Maung MV3 yang dilengkapi dengan senjata SM3-A1 kaliber 7,62 mm serta SM5-A1 kaliber 12,7 mm pada Maung MV3 mobile jammer.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI yang memiliki kinerja sangat baik dalam 10 tahun pemerintahannya. Serta secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atas kontribusi pada penguatan pertahanan negara.

"Saya juga secara khusus berterimakasih kepada Menhan Prabowo Subianto sekaligus Persiden Terpilih yang telah meningkatkan pertahanan Indonesia," ucap Presiden Joko Widodo.

"Bapak Prabowo telah berjasa dengan melakukan moderninasi alutsista, memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global dan masih banyak lagi. 10 tahun memimpin pemerintahan, saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata TNI dalam menjaga negara, persatuan dan kesatuan stabilitas politik dan membantu mengatasi tantangan dan krisis. Selamat ulang tahun ke-79 TNI. TNI Prima," ungkap Presiden.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose menyampaikan apresiasi kepada jajaran Direksi dan Komisaris PT Pindad terhadap kesempatan yang diberikan pemerintah dan TNI kepada industri pertahanan dalam negeri untuk terus mendukung dan memperkuat alpalhankam TNI.

"Jajaran Direksi dan Komisaris PT Pindad mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami, sehingga pada HUT ke-79 TNI, kami bisa menampilkan produk-produk yang luar biasa mulai dari kendaraan tempur, kendaraan rantis, ranops, dan senjata. PT Pindad mengucapkan selamat ulang tahun ke-79 TNI, TNI PRIMA!," ucap Abraham Mose.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm