Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 57 Kurikulum Merdeka

7 Oktober 2024 13:05 WIB
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 57 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 57 Kurikulum Merdeka ( buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI)

Sonora.ID - Simak artikel ini untuk mengetahui kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 57 Kurikulum Merdeka dari buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 57 ini dapat digunakan sebagai acuan oleh siswa maupun orang tua ketika mendampingi dan memberikan petunjuk apabila anak kesulitan.

Namun agar dapat menguasai materi dengan baik, anak tetap diharapkan untuk mengerjakan tugasnya dengan kemampuan mereka sendiri terlebih dahulu.

Tak perlu berlama-lama, berikut kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 57 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 38 Kurikulum Merdeka

  1. Siapakah Andi Makassau?
  2. Berdasarkan pertanyaan nomor 1, apa yang telah dilakukannya terhadap upaya memperjuangan kemerdekaan Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan?
  3. Siapakah Westerling?
  4. Mengapa dia dikatakan pelaku genosida di Sulawesi Selatan?
  5. Apa yang dimaksud dengan pasukan Depot Speciale Troepen — DST, KNIL?
  6. Mengapa Depot Speciale Troepen — DST, KNIL dikatakan sebagai pasukan yang penuh dengan kekejaman?
    Setelah kalian menemukan informasi tersebut presentasikan hasil temuan tersebut secara lisan di hadapan kelompok yang lain.
 
Jawaban:
 
1. Andi Makassau Parenrengi adalah tokoh yang berasal dari Parepare. Andi adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia di daerah bekas Ajatappareng (sekarang: Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Barru, dan Kabupaten Enrekang). Ia adalah bangsawan Kerajaan Suppa.
 
2. Peran Andi Makassau sebelum kemerdekaan yaitu membentuk dan memelopori organisasi kemasyarakatan dan politik yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.
 
Organisasi kemasyarakatan tersebut antara lain Partai Sarikat Islam di Parepare (dibentuk pada tahun 1927) dan Sumber Darah Rakyat atau disingkat SUDARA (dibentuk tahun 1944). Setelah kemerdekan, Andi Makassau menyatakan mendukung kemerdekaan Indonesia.
 
Pada tahun 1946 Westerling yang melakukan pembantaian terhadap kurang lebih 40.000 rakyat Sulawesi Selatan yang kemudian dihadang dengan gagah berani oleh laskar-laskar di bawah kepemimpinan Andi Makassau. Karena kalah senjata dan fasilitas lain, akhirnya perjuangan itu kalah. Andi Makassau dibuang di tengah laut dalam kondisi terikat.
 
3. Raymond Pierre Paul Westerling atau dikenal dengan Westerling lahir di Istanbul, Kesultanan Utsmaniyah, 31 Agustus 1919 dan meninggal di Purmerend, Belanda, 26 November 1987 pada umur 68 tahun.
 
Westerling adalah komandan pasukan Belanda yang terkenal karena memimpin Pembantaian Westerling (1946–1947) di Sulawesi Selatan dan penumpasan percobaan kudeta APRA di Bandung, Jawa Barat.
 
4. Westerling disebut sebagai pelaku genosida di Sulawesi Selatan karena ia dan pasukan khusus Belanda yang bernama DST telah menghabisi sekitar 40.000 warga Sulawesi Selatan pada tahun 1946-1947. Hal ini berawal dari peristiwa pembunuhan 1.000 orang Indonesia pro-Belanda yang dilakukan pejuang kemerdekaan Indonesia di bawah pimpinan Andi Makassau.
 
Kemudian Belanda melakukan pembalasan dengan mendatangkan pasukan DST yaitu pasukan khusus KNIL di bawah Westerling. Tanpa ampun Westerling mengadakan operasi pembersihan yang mirip pembunuhan massal.
 
5. DST (Depot Speciale Troepen) di bawah KNIL adalah satuan khusus andalan militer Belanda yang terlibat aksi pembantaian di Sulawesi Selatan. DST lebih kerap disebut pasukan baret hijau yang biasa dikirim ke daerah- daerah konflik yang membutuhkan operasi khusus seperti halnya di Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Westerling.
 
6. DST merupakan pasukan yang penuh kekejaman karena dalam membunuh tidak dibekali data intelijen cukup. Operasinya membabi buta dan dikenal brutal ketika ditugaskan melawan musuh.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 10 Kurikulum Merdeka 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm